Sukses

Menelisik Sejarah Bendungan Engehalde, Tempat Anak Ridwan Kamil Ditemukan

Bendungan Engehalde (Stauwehr Engehalde), lokasi jasad anak Ridwan Kamil ditemukan tepat berada di Wehrweg, 3014 Bern, Swiss.

Liputan6.com, Semarang - Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/06/22) pagi waktu setempat.

Bendungan Engehalde (Stauwehr Engehalde), lokasi jasad anak Ridwan Kamil ditemukan tepat berada di Wehrweg, 3014 Bern, Swiss. Bendungan Engehalde cukup jauh dari Sungai Aare tempat dimana Eril hanyut dan terbawa arus.

Bila dilihat dari Google Maps, titik lokasi hilangnya Eril berada di Sungai Aare tepatnya di wilayah Schoenausteg sedangkan jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde yang berlokasi di Stauwehrrain, Bern, Swiss. Bahkan jarak dari titik kejadian hingga lokasi penemuan sekitar 5,1 kilometer yang jika ditempuh dengan kendaraan membutuhkan waktu 16 menit.

Dikutip dari berbagai sumber, Bendungan Engehalde  yang dibangun saat Perang Dunia ini pertama kali berdiri pada tanggal 1 November 1909. Pada awal pembangunannya, bendungan ini dijadikan area olahraga dayung pertama di kota Bern, Swiss. 

Bendungan Engehalde juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik di Kota Federal, Bern, Swiss. Bendungan Engehalde punya beberapa pintu air. Saat malam hari, bendungan ini bisa dilewati oleh penjaga atau warga dengan penerangan yang ada.

Bendungan Engehalde juga memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah untuk menyaring sampah yang terbawa arus Sungai Aare.  Sampah-sampah berupa plastik, hingga sampah organik, seperti kayu besar, akan disaring di Bendungan Engehalde ini agar tidak melewati saringan di sisi bendungan.

Sampah tersebut kemudian diambil menggunakan mesin dan dikeluarkan dari bendungan supaya tidak mengotori sungai.  Sampah organik maupun non-organik akan terjaring di mesin tersebut.

Tak semua orang diizinkan masuk, hanya petugas berwenang yang bisa ke Bendung Engehalde. Keberadaan Bendungan Engehalde merupakan bagian dari Pembangkit listrik Felsenau (Krafwerk Felsenau) berlokasi di Felsenaustrasse 47, 3004 Bern, Swiss.

Posisi Bendungan Engehalde dengan pembangkit listrik Felsenau dibuat sedemikian rupa dengan memanfaatkan kontur Sungai Aare yang berkelok di Semenanjung Engehalde.

Bendungan ini dibangun untuk menahan aliran Sungai Aare dan airnya di saluran ke turbin listrik di Felsenau melalui Semenanjung Enge. Pada 1912, pembangkit listrik Felsenau memasok 64 persen listrik yang dikonsumsi di Kota Bern.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.