Sukses

Kemenlu Pastikan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Tiba di Tanah Air Minggu Sore, Langsung Dibawa ke Bandung Jalur Darat

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Judha Nugraha mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terbang ke Indonesia satu pesawat dengan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) beserta keluarganya.

Liputan6.com, Semarang - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Judha Nugraha mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta keluarga terbang ke Indonesia satu pesawat dengan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). 

“Saat ini informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, Bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI Bern telah berada di Zurich Airport dan direncanakan akan take off pada pukul 10 lewat 10 menit waktu setempat, atau pukul 15.10 WIB,” terang Judha saat konferensi pers virtual, Sabtu (11/6/2022).

Judha mengatakan, Ridwan Kamil dan jenazah Eril direncanakan tiba di bandara Soekarno Hatta, Indonesia pada Minggu (12/6/2022) pukul 15.45 WIB. Kemudian jenazah Eril akan dibawa ke Bandung menggunakan jalur darat.

“Kita doakan bersama kiranya proses pemulangan jenazah Eril dapat berlangsung lancar hingga nanti proses pemakaman. Sekali lagi atas nama Kementerian Luar Negeri duka cita kami yang mendalam,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Presiden dan Menlu

Berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia dan Menteri Luar Negeri (Menlu), KBRI Bern terus berusaha semaksimal mungkin sejak masa pencarian hingga kepulangan jenazah Eril ke Tanah Air.

“Ibu menlu terus melakukan komunikasi dengan KBRI Bern dan tim serta mengoordinasikan tim yang ada di Jakarta. Ibu menlu juga terus melakukan komunikasi dengan bapak Gubernur Ridwan Kamil,” kata Judha.

Lebih lanjut Judha mengatakan, sejak jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022), KBRI Bern telah melakukan langkah-langkah repatriasi, di antaranya pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah hingga pemetian jenazah sesuai standar penerbangan.

“Kemlu di Jakarta sudah mengadakan rapat koordinasi kemarin dengan berbagai macam instansi yang terkait untuk memastikan kelancaran ketibaan jenazah di Tanah Air,” katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.