Sukses

5 Permainan Tradisional Indonesia yang Mirip Drakor Squid Game

Liputan6.com, Semarang - Drama Koera Squid Game musim kedua dikabarkan akan segera tayang. Drama Korea dengan genre thriller ini terinspirasi dari permainan tradisional Korea, Squid Game.

Squid Game adalah permainan tradisional Korea yang populer pada 1970 dan 1980-an. Permainan yang mengharuskan pemainnya menggambar geometri seperti cumi-cumi ini akan berakhir ketika ada peserta yang berhasil menjadi pemenang.

Rupanya beberapa permainan tradisional Indonesia memiliki kemiripan dengan Squid Game asal Korea. Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima permainan tradisional mirip Squid Game.

1. Patung-patungan

Permainan Red Light Green Light adalah salah satu adegan ikonik dalam serial 'Squid Game'. Para pemain harus berpura-pura menjadu patung saat penjaga melihat.

Adegan ini mirip dengan permainan tradisional patung-patungan dari Indonesia. Patung-patungan sering dimainkan oleh anak-anak.

Cara mainnya penjaga harus mengejar pemain, jika terkena maka pemain tersebut akan menggantikan penjaga.

2. Engklek

Permainan jembatan kaca atau Glass Stepping Stone pada 'Squid Game' pasti sangat familiar bagi penonton asal Indonesia. Sebab mirip dengan permainan engklek asal Indonesia.

Cara mainnya pun sama, yakni pemain melangkah menggunakan satu kaki dan akan kalah jika menginjak garis dan salah menginjak kotak.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Kelereng

3. Kelereng

Adegan permainan kelereng yang ada di 'Squid Game', pemain diminta untuk berpasangan dan berkompetisi dengan kelompok lain untuk merebut kelereng mereka.

Permainan ini mirip dengan permainan kelereng di Indonesia, yang paling banyak mengumpulkan kelereng adalah pemenangnya.

4. Gobak Sodor

Gobak sodor permainan dua kelompok, tim penjaga dan tim penyerang yang ingin ke markas lawan. Pemain tim penyerang akan tereliminasi jika disentuh oleh pihak penjaga.

Kira-kira, adegan 'Squid Game' yang mirip dengan permainan gobak sodor adalah di permainan cumi-cumi yang menjadi nama dari serial ini. Dalam 'Squid Game' pemenang diambil dari tim yang berhasil mengeluarkan tim penyerang.

5. Tarik Tambang

Adegan permainan yang cukup familiar bagi penonton drama Korea Squid Game pasti lah tarik tambang. Permainan ini sama seperti di Indonesia, harus menarik tali dari kedua sisi.

Bedanya, di 'Squid Game' pemain harus melakukan tarik tambang di ketinggian. Sedangkan di Indonesia biasanya tarik tambang dilakukan di tanah lapang yang kering maupun kebun yang berlumpur.