Sukses

Usai Heboh Harga Tiket Mendadak Candi Borobudur Akan Ditutup, Ada Apa?

Taman Wisata Candi Borobudur akan ditutup pukul 07.00-12.00 WIB bagi masyarakat umum pada Jumat (17/6/2022).

Liputan6.com, Magelang - Candi Borobudur di Kabupaten Magelang tertutup bagi wisatawan umum saat kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier yang dijadwalkan ke Borobudur pada Jumat (17/6), kata Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur & Manohara, Pujo Suwarno.

Pujo di Magelang, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan dalam rangka kunjungan tamu kenegaraan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier tersebut Taman Wisata candi Borobudur akan ditutup pukul 07.00-12.00 WIB bagi masyarakat umum.

"Borobudur akan dibuka kembali untuk wisatawan umum pukul 12.00 WIB," kata Pujo yang juga Marketing & Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) ini, dikutip Antara.

Ia menyampaikan pada hari kunjungan Presiden Jerman itu, wisatawan masih bisa berkunjung ke Candi Borobudur pada pukul 12.00-16.30 WIB.

"Karena ini kunjungan tamu kenegaraan harus begitu prosedurnya, untuk menghormati beliau," katanya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Kunjungan Presiden Jerman di Borobudur

Pujo menuturkan rombongan Presiden Jerman berjumlah sekitar 35 orang, tetapi untuk detailnya pihaknya masih menunggu daftar dari Kedubes Jerman.

"Karena ini kunjungan setingkat RI 1 maka rombongan akan naik ke atas candi, rencana simulasinya begitu," katanya.  Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Republik Indonesia pada 15-17 Juni 2022.

Di Jakarta, Presiden Steinmeier akan disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan untuk perbincangan politik. Selain itu juga akan bergabung dalam pertemuan dengan para pakar berbagai topik yang mencakup upaya Indonesia dibidang lingkungan hidup, iklim, dan energi.

Presiden Jerman kemudian akan bertolak ke Yogyakarta, mengeksplorasi warisan kebudayaan Indonesia.

Diketahui, beberapa waktu terakhir Candi Borobudur ramai menjadi perbincangan publik gara-gara rencana kenaikan harga tiket.

Sebagian menilai, harga tiket Rp750 ribu dan 100 dolar Amerika untuk wisatawan asing terlalu mahal. Belakangan, kenaikan harga tiket itu ditunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.