Sukses

Fenomena Langka Planet-Planet Berjajar Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Liputan6.com, Semarang - Fenomena langka planet-planet galaksi Bima Sakti akan sejajar atau berderetan sepanjang bulan Juni 2022. Kelima planet yang akan menampakkan diri sejajar adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Fenomena langka ini disebut sebagai konjungsi kuintet. Konjungsi kuintet ini akan berlangsung selama 15 hari, yakni mulai 4 Juni hingga 19 Juni mendatang.

Berjajarnya lima planet akan disusul dengan fenomena berjajarnya enam planet di tata surya, atau konjungsi sektet. Konjungsi sektet atau parade langit akan terjadi saat Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Uranus.

Konjungsi sektet terjadi mulai tanggal 20 Juni hingga 27 Juni 2022. Dikutip dari berbagai sumber, masyarakat Indonesia dapat mengamati fenomena langka ini di arah timur, mulai subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit sampai akhir dari fajar bahari, sekitar 24 menit sebelum matahari terbit.

Jika cuaca sedang cerah, masyarakat Indonesia dapat menyaksikan planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus secara kasatmata tanpa menggunakan alat bantu. Namun, untuk mengamati Uranus memerlukan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm.

Perlu dicatat, meskipun termasuk salah satu fenomena langka benda langit, namun fenomena ini tidak menimbulkan dampak apa pun untuk Bumi. Fenomena planet berjajar ini terjadi setiap 18 hingga 19 tahun sekali. Fenomena serupa pernah terjadi pada tahun 2004 lalu, dan diperkirakan akan terjadi kembali pada tahun 2041.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.