Sukses

Unik, Pemutaran Film hingga Pameran Sejarah Warnai Akhirussanah Ponpes Tahfiz El Falah Pandanarum Cilacap

Pesantren Tahfiz, Pondok Pesantren El Falah Pandanarum, Desa Klapagading, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menampilkan suasana berbeda dalam haflah akhirussanah atau perayaan akhir tahun ajaran

Liputan6.com, Cilacap - Pesantren Tahfiz, Pondok Pesantren El Falah Pandanarum, Desa Klapagading, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menampilkan suasana berbeda dalam haflah akhirussanah atau perayaan akhir tahun ajaran.

Di luar acara khataman sebagai puncak akhirussanah, dalam rangkaian acara sepekan, ponpes menggelar beragam agenda kreatif.

Pimpinan Ponpes El Falah Pandanarum, Aswad Baroza mengatakan pihaknya menggandeng sejumlah komunitas di Kabupaten Cilacap dan daerah lainnya untuk mengisi akhirussanah ini.

Acara pertama adalah pameran arsip sejarah Cilacap yang dilakukan oleh Komunitas Cilacap History, dongeng oleh Kampung Dongeng, pameran dan workshop seni rupa dan kaligrafi, Pemutaran film oleh komunitas Sangkan Paran, dan selawat akustik.

"Ada komunitas Cilacap History, mereka kami undang untuk mengadakan pameran arsip sejarah Cilacap di sini. Jadi acara pertama dilakukan selama dua hari. Kemudian setelah itu kami mengundang kampung dongeng. Alhamdulillah Kampung Dongeng, Kak Mutia, itu hadi,” kata Ahmad, Senin (13/6/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santri Yatim dan Duafa

Ahmad menjelaskan, ponpes sengaja menghadirkan nuansa berbeda untuk memberikan perspektif baru kepada para santri yang rata-rata masih berusia belia.

“Kita menghidupkan nuansa lama. Dongeng itu kan hiburan (sekaligus edukasi-red) anak-anak zaman dulu,” ujarnya.

Di Ponpes EL Falah Pandanarum 40 persen santrinya berkategori duafa. Ada pula yang yatim atau yatim piatu sehingga ponpes menanggung biaya hidup dan pendidikannya selama di pesantren dan sekolah.

Sebanyak 90 persen lebih santri masih berusia anak antara 5-15 tahun. Hanya ada sekitar 10 santri yang berusia di atas 16 tahun ada tiga yang berusia di atas 18 tahun.

Karena itu, Ahmad membutuhkan dukungan semua pihak untuk mengembangkan Ponpes El Falah Pandanarum yang berdiri di perkampungan di tengah kebun karet ini.

Masyarakat bisa berdonasi melalui rekening ponpes, BRI Nomor Rekening: 6785-01-032631-53-2 atas nama Yayasan El-Falah Pegadingan. Konfirmasi WA: 0821-3596-5681.

Tim Rembulan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.