Sukses

Tiket Masuk Candi Borobudur Batal Naik, Ini Cara Belinya

Liputan6.com, Magelang - Kenaikan tiket masuk Candi Borobudur dibatalkan, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Tarif masuk Taman Wisata Candi Borobudur tetap mulai dari Rp 50.000 untuk wiatawan lokal dan Rp 5.000 untuk pelajar.

Sebagai gantinya untuk tetap menjaga kelestarian Candi Borobudur, pemerintah akan memabatasi pengunjung, yakni 1.200 orang perharinya. Pengunjung wajib mandaftar secara daring (online) terlebih dahulu. 

Selain pembatasan, wisatawan juga wajib didampingi oleh pemandu wisata yang sudah terdaftar. Wisatawan juga harus menggunakan alas kaki khusus yang akan disediakan, agar tak merusak batuan candi.

Dikutip dari Liputan6.com, kebijakan ini diambil dalam rangka melakukan konservasi untuk Candi Buddha terbesarini. Berikut cara beli tiket Candi Borobudur.

Wisatawan terlebih dahulu mengunjungi situs web https://ticket.borobudurpark.com/, lalu klik ikon foto profil di pojok kanan halaman dan pilih opsi “Daftar”. Kemudian, isi beberapa data diri, seperti nama lengkap, status kewarganegaraan, alamat e-mail, username, dan password.

Kemudian wisatawan dapat memilih opsi destinasi wisata “Candi Borobudur” dan isi tanggal kunjungan Selanjutnya. Klik opsi “Cari” dan daftar tiket masuk Candi Borobudur, pilih tiket berdasarkan kategori pengunjung (dewasa/anak-anak dan domestik/mancanegara).

Setelah menyesuaikan kategorinya, atur waktu kunjungan dan jumlah tiket yang hendak dipesan. Kemudian, klik opsi “Beli Langsung”.

Pastikan pemesanan telah sesuai dengan kebutuhan, lalu klik opsi “Checkout” dan “Lanjut Pembayaran”. Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih, bisa melalui Virtual Account bank Mandiri dan BNI.

Setelah pembayaran berhasil, e-tiket bakal dikirim ke akun Borobudurpark.com dan bisa dipakai untuk masuk ke Taman Wisata Candi Borobudur.

Saksikan video pilihan berikut ini: