Sukses

Biaya Pasang PLTS di Jateng Kian Mudah dan Ringan, Begini Caranya

Liputan6.com, Semarang - Penggunaan tenaga listrik energi baru terbarukan (EBT) kian masif dilakukan. Tak terkecuali, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di area Jawa Tengah (Jateng).

PT Bank BPR Pasar Boja yang berkantor pusat di Kendal menandatangani kerja sama dengan kelompok PT Tripower Solar Nusantara, SonusID, untuk memberikan kemudahan dalam pemasangan PLTS di area Jateng. Kemudahan ini tampak dari kredit pembelian dan pemasangan PLTS di area Jateng.

Menurut Direktur Utama BPR Pasar Boja Kusharyadi, kerja sama pembelian dan pemasangan PLTS di area Jawa Tengah ini bertujuan mendorong kinerja para pelaku industri kecil menengah agar dapat tumbuh positif dan kompetitif di tengah era globalisasi yang terimbas pandemi ini.

Sebagai lembaga keuangan dengan total aset per Mei 2022 sebesar Rp 235 miliar, BPR Pasar Boja telah memiliki credit package programme untuk perusahaan perseorangan maupun industri yang berorientasi cost efficiencies.

“Industri ini khususnya penghematan biaya listrik, dapat mengurangi emisi karbon, guna mendukung pertumbuhan kinerja usahanya melalui konversi dari daya listrik (PLN) menjadi pemakaian PLTS  dengan sistem On Grid kWh export import ke PLN,” ujarnya, dalam siaran pers, Sabtu (18/6/2022).

Pogram pembiayaan tersebut berbasis pembiayaan modal kerja atau investasi. Jadi, pembayarannya dapat diangsur sampai dengan 48 bulan dengan bunga kompetitif.

BPR Pasar Boja menyiapkan plafon sampai dengan Rp 4 miliar bergantung pada jenis spesifikasi dan daya yang dibutuhkan konsumen atau debitur pengguna PLTS.

Ia sengaja menggandeng Solar Nusantara atau SonusID untuk bekerja sama karena perusahaan itu sangat terkemuka untuk PLTS. Perusahaan itu memiliki reputasi baik di bidang survei, maintenance, dan instalasi EBT di Indonesia.

Secara professional dan kompeten, perusaahaan SonusID ini juga bersedia memberi garansi produk mereka selama 12 tahun dan garansi performa hingga 25 tahun.

Sementara, Head of Business SonusID Jericho Pratama menyambut positif kerjasama pembiayaan pembelian PLTS ini.

"Koloborasi ini bagi SonusID menjadi kolaborasi strategis sebagai langkah awal untuk masuk ke pasar rumah tangga dan bisnis di Semarang dan Jawa Tengah," kata dia.

Kerja sama ini juga memungkinkan setiap rumah tangga dan bisnis dapat memiliki sumber energi bersih yang dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang. SonusIDmenghadirkan paket solar PV System yang telah terstandardisasi dan biasa dipasang untuk skala industri di rumah.

Saksikan video pilihan berikut ini: