Sukses

5 Olahan Buah Carica Khas Dieng yang Bikin Ngiler

Liputan6.com, Wonosobo - Dataran tinggi Dieng di Wonosobo memiliki buah khas yakni buah carica. Buah carika biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai olahan makanan dan minuman.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 olahan carica, buah khas dari dataran tinggi Dieng.

1. Manisan Buah Carica

Manisan carica adalah olahan dari buah carica yang banyak dijumpai di kawasan Dieng. Manisan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat mengunjungi dataran tinggi Dieng.

Manisan ini tersedia dengana berbagai macam kemasan. Manisan carica juga terdapat 2 olahan yaitu manisan carica basah, dan manisan carica kering. Manisan carica basah adalah manisan carica yang penyajiannya disertai dengan air dari rebusan buah carica.

Rasanya sangat menyegarkan, apalagi dimakan dengan keadaan dingin. Sedangkan manisan carica kering dihidangkan dengan irisan buah carica yang ditaburi dengan gula.

2. Selai Buah Carica

Buah carica di Dieng Jawa Tengah (Jateng) juga dapat diolah menjadi selai carica. Selai carika bisa dijadikan sebagai tambahan saat menikmati roti.

Pembuatan selai ini tidak hanya memakai buah carika saja tetapi juga memakai sari dari buah carica. Selai carica ini tentunya memiliki rasa yang unik dan berbeda dari rasa selai pada umumnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Keripik

3. Keripik Buah Carica

Buah carica juga seperti buah pada umumnya yang dapat diolah menjadi keripik.  Walaupun buah carica terkenal banyak mengandung air, namun buah carica yang sebagai olahan keripik dan tetap terasa renyah.

Keripik carica tersedia dengan berbagai macam rasa, seperti rasa original, rasa asin, dan rasa pedas. Keripik carica bisa dijadikan pilihan untuk camilan sehat.

4. Dodol Carica

Olahan lain dari carica adalah dodol. Dodol adalah makanan yang biasanya dibuat dari campuran tepung beras ketan, gula, serta santan.

Uniknya pembuatan dodol carica menggunakan air sari buah carica.  Dodol carica juga tersedia dalam beberapa pilihan rasa, seperti rasa original, rasa campur terung belanda, dan rasa campur kentang.

5. Sirup Buah Carica

Sirup carica bukan terbuat dari daging buah carika, namun justru terbuat dari biji buah carica. Biji buah carica diekstrak, lalu dicampur dengan gula dan vanili.

Cara pengawetannya juga unik, botol yang sudah terisi sirup carica lalu direbus sekitar 10 menit. Dengan cara ini maka sirup carica akan bisa dinikmati dalam jangka waktu sekitar 2 tahun.

 Sirup carica memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga dapat menjadi pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Dieng, Jawa Tengah.