Sukses

Pekerjaan di Perkebunan Kelapa Makin Mudah, Ini Inovasi Start Up Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Start up asal Yogyakarta Widya Robotics mengembangkan solusi penghitungan objek yang efisien dan efektif. Solusi ini bisa diterapkan di perkebunan kelapa yang setiap hari panen ribuan butir kelapa.

Menurut Head of AI Division Widya Robotics Ruby Abdullah, proses manual penghitungan kelapa dengan jumlah ribuan dapat diberi solusi agar kapasitas produksinya dapat meningkat hingga tiga kali lipat dari sebelumnya. Solusi Vision Intelligence (VI) Coconut Counter diciptakan Widya Robotics untuk menghitung jumlah kelapa yang melewati conveyor.

“Lewat Coconut Counter kami menerapkan teknologi, deteksi objek, penelusuran objek, dan penghitungan objek,” ujarnya, dalam siaran pers, Selasa (21/6/2022).

Cara kerjanya adalah objek dideteksi, kemudian ditelusuri. Jika objek melewati garis digital maka objek dihitung. Alat ini dapat memfasilitasi pekerjaan, meningkatkan akurasi penghitungan, mengurangi waktu kerja, dan dapat menghemat energi atau tenaga pekerja.

Coconut Counter dari Widya Robotics mulai dikembangkan pada bulan November tahun 2021 dan telah digunakan di perusahaan pengolahan kelapa Pulau Bintan. Teknologi ini adalah teknologi yang sangat terbuka dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

“Sehingga tidak hanya kelapa, industri lain yang memerlukan solusi penghitungan pun bisa menggunakan teknologi ini. Selanjutnya apabila ada perkembangan kebutuhan pada proses bisnisnya, solusi ini bisa disesuaikan kembali,” ucapnya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini: