Sukses

Cerita Mistis Tiga Makam Tanpa Nisan di Solo

Liputan6.com, Solo - Ada tiga makam berjejer tanpa nisan dan nama di pertigaan Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (Jateng). Sebagian masyarakat menilai makam itu angker dan menyimpan kisah mistis.

Tiga makam kecil tanpa nama ini ada di jalan kampung di sekitar Keraton Solo. Makam ini ternyata milik bayi yang tenggelam.

Makam tersebut terletak di sudut barat laut Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Dikutip dari berbagai sumber, jika masuk dari pintu kecil Baluwarti sisi barat, makam itu terlihat di pertigaan jalan kampung.

Warga sekitar menyebut makam itu berusia sekitar 100 tahun. Meski tidak ada nama yang tertulis di pusara tersebut, warga sekitar ternyata tahu siapa bayi yang dimakamkan di sana.

Ketiganya bernama Nggoro Kasih, Den Bagus Kintir, dan Mbok Roro Setu. Ketiga bayi tersebut meninggal dunia karena hanyut di sungai. Cerita itu didapat Wulastri dari ayahnya, Cokrodipuro.

Ada warga mengaku pernah diboncengi sosok tak dikenal dan dibuntuti saat mengendarai mobil di sekitar makam itu. Bila tidak “kulonuwun” atau permisi saat melintasi kawasan itu bisa saja mendapat gangguan.

Konon banyak warga sekitar Baluwarti yang terletak di sisi selatan dari kawasan makam itu, diganggu sosok-sosok makhluk astral. Pada suatu malam seorang warga Baluwarti melintas di dekat kawasan tiga makan itu berada dengan menggunakan sepeda motor.

Namun seusai melewati kawasan angker tersebut sepeda motornya melambat. Ia penasaran kenapa tiba-tiba laju sepeda motornya melambat. 

Ia pun menoleh ke arah belakang. Dia pun kaget bukan kepalang lantaran ada sesosok perempuan yang duduk di jok bagian belakang.

Ia ketakutan lalu menjatuhkan sepeda motornya dan berlari dengan berteriak-teriak meminta tolong warga sekitar. Sontak ia ditolong oleh warga sekitar untuk kembali mengambil motornya tang tergeletak di tengah jalanan. Semenjak kejadian tersebut, keangkeran tiga makam tersebut menjadi semakin terkenal.

Saksikan video pilihan berikut ini: