Sukses

Ada Pesparawi XIII, Perputaran Uang Perhotelan di Sleman Sentuh Angka Rp 20 Miliar

Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Sleman mencatat perputaran uang di sektor perhotelan dari Pesparawi XIII mencapai lebih dari Rp 20 miliar.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII yang digelar di Yogyakarta pada 20-26 Juni 2022 berdampak signifikan terhadap perputaran uang di hotel. Tidak tanggung-tanggung, Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Sleman mencatat perputaran uang di sektor perhotelan dari Pesparawi XIII mencapai lebih dari Rp 20 miliar.

Menurut Ketua PHRI Sleman Joko Paromo, ribuan peserta Pesparawi XIII sidah memesan puluhan hotel bintang tiga sampai bintang lima di Sleman. Dari 70 persen hotel yang dipesan adalah bintang empat dan lima dengan okupansi nyaris 100 persen dalam pekan ini.

Pesparawi XIII diikuti  34 perwakilan gereja se-Indonesia dengan jumlah peserta lebih dari 8.000 orang.

“Perhelatan ini bisa jadi momentum kebangkitan industri wisata, tidak hanya buat perhotelan tetapi sektor turunan pariwisata lainnya,” ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Sementara,  Event Director Pesparawi XIII Lewi Siby menyebutkan bukan hanya peserta Pesparawi XIII yang bedatangan melainkan juga official, keluarga, dan pendukung.

“Ada sekitar 64 hotel yang digunakan untuk akomodasi,” ucapnya.

Selama pelaksanaan Pesparawi XIII, para peserta juga rutin menyewa berbagai armada kendaraan untuk transportasi peserta dan official. Terdapat sekitar 1.200 bus dan mobil yang disewa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.