Sukses

Mengejutkan, Mantan Walkot Solo Malah Dukung Gibran Maju Pilgub DKI Dibanding Jateng

Liputan6.com, Solo - Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Surakarta menegaskan akan mengikuti arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait wacana dan dipertimbangkannya Gibran Rakabuming Raka untuk mengikuti pemilihan gubernur.

"Kalau Ketua Umum PDIP menyampaikan seperti itu, artinya beliau melihat Mas Gibran ini sosok yang punya kompetensi," kata Ketua DPC PDI Perjuangan FX Hadi Rudyatmo di Solo, Selasa.

Ia mengatakan jika ada kader yang dianggap memiliki kemampuan pasti akan direkomendasikan untuk maju pada pemilihan kepala daerah. Gibran saat ini adalah Wali Kota Surakarta.

"Nah tinggal di mana, DKI Jakarta apa Jawa Tengah. Pada prinsipnya bagi saya ketika ketua umum merekomendasikan A ya itu A yang kami jalankan dan menangkan," katanya, dikutip Antara.

Mengenai dukungannya terhadap Gibran secara pribadi, ia hanya ingin tegak lurus terhadap keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Rekomendasinya di mana, kalau rekomendasi Ibu (Megawati) di Jawa Tengah ya di Jawa Tengah. Saya itu nggak pernah membuat kecewa Ketua Umum," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Alasan Dukung Gibran Maju Pilgub DKI

Meski demikian, ia mengakui beberapa waktu lalu mengungkapkan dukungannya terhadap Gibran untuk maju ke Pilgub DKI Jakarta.

"Kalau bertarung secara umum lebih enak di DKI Jakarta dibandingkan Jateng. Resistensinya lebih besar di Jawa Tengah karena yang kepengin banyak, kecuali saya. Di sana (Jakarta) kan masanya majemuk, hanya sekian DPC. Kalau di sini (Jawa Tengah) ada 35 DPC," katanya.

Menurut dia, meski Gibran tidak berasal dari DKI Jakarta, selama ada kerja keras dari seluruh petugas partai bukan tidak mungkin putra Presiden Joko Widodo tersebut akan menang pada pilgub.

"Semua kalau kerja keras, tingkat kemenangannya ada. Seperti Pak Jokowi dulu lawannya incumbent (petahana) karena banyak (warga DKI) yang dari Solo Raya, banyak yang dari Jateng. Namun tetap tergantung Ketua Umum (PDIP) merekomendasikan Mas Gibran di mana," katanya.