Sukses

Profil Ronaldinho, Legenda Brazil yang Akan Bermain untuk RANS Nusantara FC di Trofeo Malang

Liputan6.com, Semarang - Ronaldinho merupakan salah satu legenda pesepak bola dunia yang telah malang melintang di berbagai liga terbaik dunia. Legenda asal Brazil ini memiliki nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira. 

Namun, pesepakbola kelahiran Porto Alegre, 21 Maret 1980 ini terkenal dengan panggilan Ronaldinho yang jika diartikan dalam bahasa Portugis adalah Ronaldo Kecil.

Sejak kecil, Ronaldinho sudah mulai bergelut di dunia sepak bola. Ia seringkali menjadi pemain termuda dalam timnya. 

Ronaldinho pernah memperkuat tim muda Gremio. Pada tahun 1998 ia mulai debut di tim senior dalam ajang  Copa Libertadores. 

Pemain yang berposisi gelandang serang ini bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada tahun 2001. Namun, Ronaldinho kerap menuai kritikan dari manajer PSG Luis Fernandez lantaran lebih banyak menghabiskan waktu untuk hiburan malam dibanding bermain sepak bola. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Nomor Keramat Ronaldinho

Pada tahun 2003 Ronaldinho hengkang dari PSG. Ia kemudian bermain untuk Barcelona. Ronaldinho berhasil mencetak satu gol di debut pertamanya melawan Milan dalam pertandingan persahabatan.

Karier Ronaldinho di dunia sepak bola terus melejit saat memperkuat Barcelona. Ia meraih gelar pemain terbaik FIFA pada 20 Desember 2004. Ia juga pernah menjadi penyerang terbaik klub UEFA pada musim 2004-2005.

Selama di Barcelona, nomor punggung 10 selalu menjadi andalan Ronaldinho. Setelah beralih ke AC Milan pada tahun 2008-2010, nomor keramat itu digunakan Lionel Messi yang juga menjadi bintang di Barcelona.

AC Milan menjadi klub luar Brazil terakhir yang diperkuat Ronaldinho. Setelahnya, Ronaldinho bermain di klub-klub Brazil seperti Flamengo (2010-2012), Atletico Mineiro (2012-2014), Queretaro FC (2014-2015), dan Fluminense FC (2015) menjadi klub terakhirnya sebelum pensiun.

3 dari 3 halaman

Bermain di Indonesia

Mantan bintang Barcelona dan AC Milan itu akan bermain di Indonesia dalam turnamen segitiga. Ronaldinho akan memperkuat RANS Nusantara FC saat melawan Arema FC dan Persik Kediri pada Minggu (26/5/2022) di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Pelatih RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan mengaku belum melakukan komunikasi dengan Ronaldinho. Kendati demikian, dia berharap bintang asal Brazil itu bisa bermain bersama anak asuhnya selama 30 menit.

“Saya berharap Ronaldinho bisa bermain tidak hanya sepuluh menit, tapi minimal 30 menit. Itu akan memberikan sesuatu yang berbeda kepada tim dan pengalaman untuk kami," katanya pada konferensi pers jelang laga.

Rahmad Darmawan ingin kedatangan Ronaldinho di Tanah Air bisa dimaksimalkan oleh anak asuhnya. Sebab, ini kesempatan langka yang sulit didapatkan.

“Momen ini diharapkan bisa menjadi kebanggaan para pemain untuk membangun tim kami lebih baik lagi,” ujarnya.