Sukses

Merayakan Ulang Tahun dengan Lepas 100 Ekor Tukik di Pantai Pelangi Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam rangka hari jadi yang ke-3, MOANA Bike Tour mengajak masyarakat untuk melepas 100 ekor tukik di Pantai Pelangi, Yogyakarta, pada Sabtu (25/6/22). Bukan hanya itu kegiatan bersih-bersih pantai juga dilakukan sebagai habitat para tukik.

MOANA Bike Tour berkolaborasi dengan komunitas 4K Yogyakarta membuka acara dengan memberikan edukasi mengenai sampah dan kelestarian tukik kepada 80 partisipan yang hadir. Harapannya, agar para partisipan dapat memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Kemudian peserta yang datang dibagi menjadi 2 kelompok untuk menyusur Pantai Pelangi dan mengumpulkan 10 jenis karung sampah yang berbeda. Sampah paling banyak ditemukan di pantai adalah botol minum plastik dan kantong plastik sekali pakai.

Jenis sampah yang ditemukan lainnya adalah sampah sedotan, kemasan plastik, pempers, dan juga sandal bekas. Sampah yang telah dipungut dan dipilah, lalu diberikan kepada pengelola sampah untuk didaur ulang kembali.

Tujuan MOANA Bike Tour mengadakan acara Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik ini adalah menjadi sarana edukasi kepada masyarakat bahwa sampah adalah masalah bersama.

“Selain sampah ini mengotori lingkungan, juga menjadi ancaman pada biota laut. Sebanyak 1.000 tukik mati setiap tahun karena terjerat sampah atau plastik di lautan,” ucap Anita Briana, selaku founder dari MOANA Bike Tour.

Selain acara tersebut, MOANA Bike Tour juga mendonasikan 100 bibit pohon mangrove untuk pantai di Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Program ini diselenggarakan oleh Lindungi Hutan sehingga masyarakat juga bisa ikut berdonasi hingga akhir Juni 2022 nanti.

MOANA Bike Tour adalah penyedia jasa dan wisata menggunakan sepeda berbasis konsep Sustainable Tourism di Yogyakarta. Konsep sustainable tourism adalah konsep berwisata dengan menekan dampak negatif, dan mengoptimalkan dampak positif pada ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan.

Sejak berdiri pada Juni 2019, MOANA Bike Tour yang mayoritas adalah mahasiswa di Yogyakarta ini terus melakukan kegiatan yang ramah lingkungan seperti menanam pohon, acara bersih-bersih sampah, dan pelepasan tukik ke habitatnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: