Sukses

Cara Pakai Aplikasi MyPertamina untuk Beli BBM Bersubsidi

Berikut cara daftar akun MyPertamina dan cara pakai aplikasi MyPertamina.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pembelian BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar harus memakai aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli mendatang. Kebijakan ini diterapkan di sejumlah daerah, yaitu Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Namun, jangan khawatir selain melalui aplikasi MyPertamina masyarakat juga dapat menggunakan website MyPertamina untuk beli pertalite dan solar pada masa uji coba ini. Dikutip dari laman https://subsiditepat.mypertamina.id, berikut cara daftar akun MyPertamina dan cara pakai aplikasi MyPertamina.

1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya

2. Membuka situs subsiditepat.mypertamina.id

3. Beri centang informasi memahami persyaratan

4. Klik daftar sekarang

5. Ikuti instruksi selanjutnya sesuai yang tertera di situs web atau aplikasi MyPertamina

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang sudah didaftarkan atau cek status pendaftaran di situs web maupun aplikasi MyPertamina secara berkala

7. Apabila sudah dikonfirmasi, unduh kode QR dan simpan untuk melakukan transaksi di SPBU

8. Terakhir pengguna yang sudah mendaftar kendaraan beserta identitasnya akan mendapat notifikasi melalui email yang sudah didaftarkan.

Selanjutnya, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli BBM bersubsidi, pertalite dan solar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.