Sukses

Ternyata Tjahjo Kumolo Sering Kasih Amplop ke Mahfud MD, Apa Isinya?

Liputan6.com, Cilacap - Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) Mahfud MD mengenang kebaikan mendiang Menpan RB Tjahyo Kumolo. Melalui akun resmi twitternya, Mahfud MD menyebut, Tjahjo Kumolo sering memberi amplop yang khusus ditujukan untuk dirinya.

In memoriam, Saya bertemu langsung dan ngobrol dengan Pak Tjahyo Kumolo adalah pada Idul Fitri Tahun 2000, saat saya baru diangkat sebagai Menhan. Saat itu saya belebaran d rumah Wapres Bu Megawati dan Pak Tjahyo ada di sana. Secara khusus dia memberi amplop yang sudah ditulis tujuannya: untuk Pak Mahfudz,” cuit Mahfud, Sabtu (2/7/22).

Dalam twit selanjutnya, Mahfud menyebut pertemuan terakhirnya dengan mendiang Tjahjo Kumolo saat menghadiri acara peresmian Smart School Dr Ir Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) pada 30 Mei 2022 yang lalu. Dalam kesempatan tersebut juga Tjahyo Kumolo juga memberinya amplop.

"Terakhir saya bertemu dan berbicara dengan Pak Tjahjo juga saat ada acara yang dihadiri Ibu Megawati, yakni pada acara peresmian Smart School Dr. Ir. Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 30 Mei 2022. Saat itu pula dia menyerahkan satu amplop kepada saya sambal ngobrol berdua sebentar,” imbuhnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Konfigurasi Politik Indonesia

Mahfud juga mengatakan bukan hanya pada kesempatan tersebut mendiang Tjahjo memberi amplop, namun di antara pertemuan pertama dan terakhir tersebut ia juga kerap memberi amplop tebal.

Mahfud kemudian mengatakan bahwa isi amplop itu tentang konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini. Selain itu Tjahyo juga menuliskan perihal tokoh-tokoh yang menjadi kunci kekuatan Indonesia.

Di antara pertemuan pertama dan terakhir itu kami juga sering bertemu. Beliau juga sering memberi amplop tebal. Apa isi amplop itu? Tentang konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini dan aktor-aktor kuncinya di Indonesia. Pak Tjahyo rupanya rajin membuat analisis yang dilengkapi dengan diagram-diagram,” pungkasnya.

Penulis: Khazim Mahrur