Sukses

Sering Disebut, Apa Itu Jemaah Haji Kloter 'Sapu Jagat'?

Jumlah 15.447 calon haji itu, setelah diberangkatkan kloter terakhir atau sapu jagat

Liputan6.com, Solo - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo memberangkatkan jamaah calon haji berasal dari Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ke Tanah Suci dengan total 15.447 orang, setelah pada Minggu memberangkatkan 354 orang sebagai kelompok terbang terakhir.

"Jumlah 15.447 calon haji itu, setelah diberangkatkan kloter terakhir atau sapu jagat atau (kloter, red.) 43, gabungan asal 10 daerah ke Tanah Suci, pada Minggu, pukul 02.49 WIB," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu.

Kloter 43, gabungan Kabupaten Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Purbalingga, Semarang, Tegal, Salatiga, Bantul, Sleman, dan Yogyakarta dengan jumlah 354 orang. Mereka berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Jateng.

Dia menjelaskan dengan diterbangkan jamaah calon haji tersebut, semua calon haji yang sebelumnya sakit dan sudah layak terbang, berangkat dengan kloter 43. Di antara mereka, seorang calon haji yang telah dirawat di Deli Serdang, Sumatera Utara bersama seorang pendamping.

"Sehingga, totalnya sebanyak 15.447 calon haji atau sekitar 99,8 persen yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari kuota penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sebanyak 15.477 orang, " kata Sarip, dikutip Antara.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

30 Calhaj Batal Berangkat

Ia menyebut 30 calon haji batal berangkat tahun ini melalui embarkasi setempat, antara lain karena sakit di daerah lima orang, sakit di Asrama Haji Donohudan kemudian dipulangkan sembilan orang, hamil dua orang, wafat di daerah dua orang, dan 'open seat' awal ada 10 orang.

Ia mengatakan total jumlah calon haji asal Embarkasi Solo yang sudah tiba di Arab Saudi, hingga Minggu, pukul 12.00 WIB, 14.733 orang. Sebanyak dua kloter, yakni 42 dan 43, dalam perjalanan ke Tanah Suci.

Calon haji yang masih sakit dan menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekkah enam orang dan di RS King Faisal Mekkah satu orang sehingga total tujuh orang.

"Calon haji asal Embarkasi Solo hingga pemberangkatan kloter terakhir atau 43 yang meninggal dunia di Tanah Suci ada empat orang," katanya.

Jamaah asal Kabupaten Pati Jateng tergabung kloter pertama Embarkasi Solo dijadwalkan tiba kembali ke Tanah Air pada tanggal 15 Juli mendatang. Rombongan haji kloter pertama dijadwalkan berangkat dari Jeddah, Arab Saudi, Jumat (15/7), pukul 05.10 WIB dan diperkirakan tiba di Tanah Air, pukul 22.15 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.