Sukses

Annisa Pohan Keguguran, Ini Pahala dan Keutamaan untuk Wanita yang Mengalami

Liputan6.com, Cilacap - Istri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan mengabarkan mengalami keguguran di saat usia kandungannya baru mencapai 7 minggu.

Hal itu dikabarkan langsung oleh menantu Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu melalui akun Instagram @annisayudhoyono yang terverifikasi menjadi miliknya.

Banyak yang bertanya-tanya dan DM saya kenapa saya jarang terlihat belakangan ini, bahkan menutup whatsapp saya dan membukanya kalau penting saja,” tulis Annisa, dikutip Senin (4/7/22).

Sebenarnya Alhamdulillah saya kemarin positif hamil sehingga istirahat total satu bulan lebih ini dan menghindari hal-hal yang membuat stress, berharap agar kehamilannya bisa sehat dan lancar," tulis Annisa.

Annisa mengaku pasrah dan ikhlas atas keguguran yang dialami. Sebab manusia hanya dapat merencanakan sesuatu, Namun Allah yang akan menentukan tercapainya suatu keinginan yang menjadi impian manusia.

"Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan," tulis Annisa.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Pahala Bagi Wanita Yang Mengalami Keguguran

Keihlasan dan ketabahan Annisa Pohan atas keguguran dan kondisi yang ia alami, Insya Allah akan mendapatkan pahala dan kemuliaan di sisi Allah SWT.

Dalam hadis dari Abu Musa al-Asy’ari,Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا ماتَ ولدُ العَبْدِ ، قالَ اللهُ لمَلَائِكَتِهِ : قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِي؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ: قَبَضْتُم ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ : مَاْذَا قالَ عَبْدِيْ؟ فَيَقُولُونَ : حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ . فَيَقُولُ اللّهُ : ابْنُوا لِعَبْدِيْ بَيْتًا فِيْ الجَنَّةِ وَسَمُّوهُ بيتَ الحَمْدِ“

Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, maka Allah bertanya kepada malaikat, ‘Apakah kalian mencabut nyawa anak hamba-Ku?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apakah kalian mencabut nyawa buah hatinya?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apa yang diucapkan hamba-Ku?‘ Malaikat menjawab, ‘Dia memuji-Mu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raajiun‘. Kemudian Allah berfirman, ‘Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian)‘.” (HR. Tirmidzi 1037).

Dalam hadis lain dijelaskan bahwa apabila seorang ibu ikhlas atas kehilangan bayinya yang masih dalam kandungan, maka bayi tersebut akan menjadi wasilah (perantara) ibunya masuk surga. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dari dari Mu’adz bin Jabal RA, Nabi SAW bersabda:

وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ إِنَّ السِّقْطَ لَيَجُرُّ أُمَّهُ بِسَرَرِهِ إِلَىْ الجَنَّةِ إِذَا احْتَسَبَتْهُ

Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, sesungguhnya janin yang keguguran akan membawa ibunya ke dalam surga dengan ari-arinya apabila ibunya bersabar (atas musibah keguguran tersebut).” (HR. Ibnu Majah)

Demikian sekelumit keterangan perihal pahala atau balasan Allah SWT atas orang yang ditimpa musibah keguguran janin sebagai mana yang dialami oleh Annisa Pohan baru-baru ini.

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.