Sukses

Deretan Kuliner Blora yang Unik, Salah Satunya Bikin Uji Nyali

Liputan6.com, Blora - Blora, Jawa Tengah (Jateng) dikenal sebagai salah satu kawasan penghasil kayu jati tersohor di Pulau Jawa. Namun bukan hanya kayu jati berkualitas tinggi, rupanya Blora memiliki sederet kuliner khas yang enak dan nikmat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet kuliner Blora.

1. Manco Blora

Manco adalah makanan khas Blora yang berbahan dari tepung ketan yang dibaluri wijen. Manco memiliki cita rasa perpaduan rasa manis dan gurih yang berasal dari wijen.

Makanan ini biasanya disajikan saat ada acara hajatan, namun kini para penikmat kuliner dapat  menemukannya di tempat oleh-oleh.

Tekstur dari kue yang renyah, harga yang terjangkau dan rasa yang nikmat, menjadikan manco sebagai oleh-oleh khas Blora yang cukup populer.

2. Dumbeg Blora

Dumbeg merupakan makanan tradisional khas Blora yang berbahan dasar tepung beras, gula aren dan garam. Dumbeg dibungkus dengan janur yang di bentuk seperti terompet.

Makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan dapat ditemukan di jajanan pasar tradisional. Dumbeg juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Blora.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ungker

3. Ungker

Makanan yang satu ini memang terlihat ekstrem dan berbeda dengan makanan lainnya. Ungker merupakan sejenis ulat yang hidup di pohon jati. Sudah pasti berani mencobanya seperti ikut uji nyali.

Ungker biasa disajikan awal musim hujan karena ungker hanya muncul saat perubahan musim dari kemarau ke penghujan. Di sepanjang jalanan di Blora, banyak sekali pedagang yang menjual ungker dalam keadan mentah hanya dibungkus sehelas daun jati.

Biasanya ungker diolah dengan ditumis memakai bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat.

4. Soto Klethuk

Soto klethuk merupakan makanan khas Blora yang sama dengan soto pada umumnya, namun diberi tambahan klethuk. Klethuk terbuat dari bahan dasar singkong yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng hingga berwarna coklat keemasan.

Kuah dari soto klethuk bening dengan cita rasa yang gurih. Bahan yang digunakan dalam soto ini adalah suwiran ayam atau kambing, irisan daun kucai, mi shoun dan tauge.

5. Es Daun Jati

Es daun jati khas Blora siap menyegarkan tenggorokan para pelancong yang mampir di daerah Blora. Sesuai namanya, es jati atau es daun jati memang diolah dari daun jati.

Caranya, sari daun jati diambil untuk memberi warna pada minuman khas Blora ini. Daun jati yang biasa digunakan adalah daun jati muda yang diblender, kemudian diperas untuk diambil sarinya.

Campuran santan dan pemanis alaminya membuat es daun jati ini nikmat untuk diminum.