Sukses

5 Pulau di Karimunjawa yang Cocok untuk Healing, Lari dari Rutinitas ke Alam Bebas

Liputan6.com, Jepara - Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, namun hanya lima pulau yang berpenghuni.

Karimunjawa memiliki panorama laut yang eksotis, cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Bahkan Karimunjawa sering disandingkan dengan Maldives karena memiliki air laut yang jernih dan pasir putih.

Banyaknya pulau di Karimunjawa yang tidak berpenghuni serta jarak antar pulau yang tidak terlalu jauh, membuat wisatawan dapat dengan bebas menjelajahi pulau-pulau kosong tersebut. Tidak heran Karimunjawa menjadi salah satu destinasi wisata favorit kala liburan tiba.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi pulau-pulau di Karimunjawa yang cocok untuk melepas penat.

1. Pulau Cilik

Pulau yang satu ini memang tidak berpenghuni. Namun wisatawan tetap menikmati keindahan bawah lautnya.

Daya tarik dari destinasi wisata Pulau Cilik ini terdapat pada spot snorkeling yang keren. Wisatawan dapat menemukan tumbuhan karang warna-warni di mana-mana.

Selain snorkeling, wisatawan juga dapat berkemah secara bebas di pulau ini tanpa dipungut biaya apapun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Geleang

2. Pulau Geleang

Pulau kecil ini masih berada di sekitar pulau Karimunjawa besar. Pulau Geleang memiliki luas 3,5 hektare, setiap sudut pulau ini mempunyai pemandangan yang memanjakan mata.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan disuguhi keindahan hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih. 

3.  Pulau Gosong Seloka

Pulau Gosong Seloka dapat dijadikan sebagai Hopping Island. Artinya, wisatawan dapat berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lain dari pulau ini.

Lokasi pulau tanpa penghuni ini tak terlalu jauh dari pulau utama Karimunjawa. Wisatawan hanya memerlukan waktu singkat untuk tiba di pulau ini.

Sisi menarik dari pulau ini adalah wujudnya yang tidak selalu tampak. Wisatawan hanya dapat mengunjungi tempat ini ketika air surut.

4. Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di Karimunjawa. Sepanjang perjalanan laut menuju pulau ini, wisatawan dapat melihat terumbu karang di bawah laut.

Sebab jarak antara terumbu karang dengan permukaan laut hanya sekitar 2 hingga 4 meter. Karena tidak memiliki dermaga tempat bersandar kapal, wisatawan harus berjalan kaki menuju pulau ini.

Namun, tak perlu khawatir sebab perairan pulau ini dangkal. Terdapat beberapa pilihan untuk wisata laut.

Salah satunya adalah wisatawan bisa mengikuti open trip tour laut dengan biaya sekitar Rp 180.000  hingga Rp 200.000 per orang dengan fasilitas kapal, tour guide, alat snorkel, dan pelampung. Tersedia pula makan siang bagi peserta tur.

 

3 dari 3 halaman

Menjangan Kecil

5. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil terletak di sebelah selatan pulau Menjangan Besar. Pulau ini memiliki terumbu karang dan sejumlah biota laut.

Menariknya, wisatawan juga dapat menemukan penangkaran hiu di pulau ini, sehingga wisatawan dapat berenang serta berswafoto dengan ikan hiu.

Tidak hanya itu, Pulau Menjangan Kecil juga dikenal sebagai spot diving dan snorkeling. Wisatawan dapat melihat terumbu karang beragam warna, mulai dari putih hingga keemasan.

Area laut di Pulau Menjangan Kecil dihuni ikan hias beraneka jenis. Untuk masuk ke pulau ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000 hingga Rp 30.000 per orang.