Sukses

Cara Membuat Minuman Air Ketumbar, Bumbu Dapur dengan Ragam Manfaat untuk Kesehatan

Selain menjadi bumbu dapur, ketumbar memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan

Liputan6.com, Semarang - Emak-Emak yang sibuk di dapur pasti sangat akrab dengan ketumbar. Ternyata, selain menjadi bumbu dapur, ketumbar memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan.

Adapun cara memperoleh manfaat dari ketumbar dapat langsung dikonsumsi sebagai makanan.

Namun ada cara lain untuk merasakan manfaat ketumbar yaitu dengan cara membuat minuman air ketumbar. Sebelum mengetahui cara membuat minuman air ketumbar terlebih dahulu harus mengetahui manfaat-manfaat ketumbar sebagaimana dikutip dari Alodokter.com, antara lain:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat air ketumbar yang cukup terkenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan perut kembung. Ini karena, kandungan serat dalam ketumbar bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan Anda secara keseluruhan.

Tak hanya itu, air ketumbar juga memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang. Manfaat ini menjadikan air ketumbar dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar dan air ketumbar mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol. Efek ini menjadikan air ketumbar baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes.

Meski demikian, untuk mencegah diabetes, Anda tidak bisa hanya mengandalkan air ketumbar. Agar gula darah tetap terkontrol, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat, yakni dengan rutin olahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi, kurangi asupan gula, serta jauhi rokok dan minuman beralkohol.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketumbar, baik yang dikonsumsi langsung atau sebagai air ketumbar, juga baik untuk kesehatan jantung. Ini karena ketumbar dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

4. Melawan Efek Radikal Bebas

Senyawa fitokimia pada ketumbar, seperti terpinene, quercetine, lutein, dan flavonoid, memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan efek radikal bebas pada tubuh.

Zat Antioksidan juga berperan penting untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti kanker dan diabetes.

5. Melawan infeksi

Selain antioksidan, ketumbar juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri atau antimikroba, yakni dodecanal. Senyawa ini disebut bisa melawan dan membasmi bakteri penyebab diare dan keracunan makanan, misalnya E.coli dan Salmonella.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Minuman Air Ketumbar

Tidak hanya itu, air ketumbar juga disebut mampu melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK).

Itulah berbagai manfaat air ketumbar yang bisa Anda peroleh.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa efektivitas air ketumbar tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hingga saat ini, belum ada riset yang dapat membuktikan manfaat dan keamanan air ketumbar sebagai pengobatan penyakit tertentu.

Kerena itu, jika Anda ingin memanfaatkan air ketumbar sebagai pengobatan penyakit, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Cara Membuat Air Ketumbar

Bahan-bahan yang untuk membuat air ketumbar tidaklah banyak cukup 2 sendok makan biji ketumbar dan 1 liter air.

Kemudian, cara membuat juga sangat mudah dan tidak ribet, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama didihkan 1 liter air, kemudian masukkan 2 sendok makan biji ketumbar ke dalam air mendidih dan diamkan setidaknya 15 menit.

Kemudian saring biji ketumbar dari air rebusannya. Diamkan selama 2 jam, lalu minum air rebusan biji ketumbar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.