Sukses

5 Wisata Alam di Semarang dengan Pemandangan Memukau, dari Gunung hingga Pantai

Liputan6.com, Semarang - Wisata alam menjadi salah satu destinasi favorit untuk menghilangkan penat saat liburan tiba. Tidak sedikit orang-orang yang memilih liburan ke tempat wisata bertema alam untuk menyegarkan pikiran.

Di Semarang, Jawa Tengah ada banyak wisata alam yang menarik untuk dijajal oleh para pelancong. Tempat wisata di Kota Jamu ini acapkali menjadi perhatian lantaran keindahannya yang bikin takjub.

Sayang sekali kalau bertandang ke Semarang sekadar ke Lawang Sewu atau Museum Kereta Api Ambarawa. Supaya liburannya maksimal, sesekali jajal tempat wisata di Semarang yang bertema alam.

Ada cukup banyak tempat wisata alam di Semarang dengan pemandangan yang memukau. Beberapa di antaranya yang akan diulas antara lain Gunung Ungaran, Curug Lawe, Hutan Pinus Kayon, Rawa Pening, dan Pantai Marina.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Gunung Ungaran

Para penikmat ketinggian jangan khawatir tidak mendapat tempat wisata yang cocok untuk liburan. Salah satu tempat wisata alam yang cocok untuk penikmat ketinggian di Semarang adalah Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini cocok untuk didaki meski masih pemula.

Ada beberapa jalur pendakian di Gunung Ungaran, di antaranya via Medini dan Gedong Songo. Masih ada dua jalur lagi sebenarnya, yakni lewat Curug Lawe dan Nglimut. Namun, dua jalur ini sudah ditutup.

Untuk menikmati Gunung Ungaran, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp15.000 per orang. Dengan harga tiket yang murah-meriah ini, pengunjung sudah bisa menikmati Gunung Ungaran dengan waktu tempuh pendakian menuju puncak sekitar 7 sampai 12 jam.

3 dari 6 halaman

2. Curug Lawe

Selain gunung, Semarang juga punya tempat wisata alam Curug Lawe. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati dua curug sekaligus dengan suasana yang asri dan alami.

Curug yang berada di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang ini dapat dikunjungi mulai pukul 06.00 hingga 16.30 WIB. 

Pengunjung bakal membuktikan langsung bahwa flora dan fauna masih terjaga di curug ini. Misalnya. pengunjung bisa melihat satwa liar lutung yang menjadi ikon wisata ini.

Lutung dapat dilihat saat pengunjung melintasi Jembatan Romantis yang ada di kawasan Curug lawe.

Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang suka foto-foto, di curug ini banyak spot-spot menarik untuk dijadikan sebagai background mengabadikan momen. Keindahan Curug Lawe bisa diabadikan dengan kamera.

4 dari 6 halaman

3. Hutan Pinus Kayon

Bagi Anda yang suka dengan nuansa bak di hutan, Hutan Pinus Kayon sangat cocok untuk jadi tempat wisata berikutnya saat berkunjung ke Semarang.

Tempat wisata alam ini berada di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Spot-spot foto Hutan Pinus Kayon tidak kalah seperti Gunung Ungaran dan Curug Lawe. Hutan Pinus Kayon termasuk tempat wisata yang instagramable. Selain menikmati suasananya, pengunjung bisa foto-foto sepuasnya.

Salah satu spot menarik di Hutan Kayon adalah pohon pinus yang berbentuk huruf “U”. Ya, spot ini menjadi satu di antara lainnya yang jadi favorit pengunjung. Sebab, pohon pinus yang membentuk huruf cukup unik di mata pengunjung.

5 dari 6 halaman

4. Rawa Pening

Rawa Pening merupakan salah satu destinasi wisata bertema alam di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Wisata danau ini memiliki luas sekitar 2.670 hektare yang wilayahnya meliputi Kecamatan bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru.

Rawa Pening tidak sekadar dicap danau yang luas, tapi terkenal juga dengan keindahannya. Pesona Rawa Pening seringkali membuat pengunjung jatuh hati hingga akhirnya ingin kembali ke Semarang untuk sekadar menikmati Rawa Pening.

Pengunjung bisa mengitari Rawa Pening dengan perahu. Namun ini tidak gratis, pengunjung harus menyewanya dengan biaya Rp30.000. Nominal ini tidak terlalu mahal untuk menikmati indahnya Rawa Pening dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Tentu saja Rawa Pening termasuk tempat wisata yang instagramable. Spot-spot menarik mudah dijumpai dan diabadikan.

6 dari 6 halaman

5. Pantai Marina

Masih belum puas liburan di Semarang? Coba kunjungi Pantai Marina yang berada di Desa Tawang Sari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Pantai Marina salah satu tempat wisata bertema alam yang menarik untuk dikunjungi. Tiket masuk ke pantai ini gratis, namun bagi pengunjung yang membawa roda dua dan roda empat masing-masing akan dikenakan Rp2.000 dan Rp.5000.

Di Pantai Marina pengunjung bisa melihat sunset yang indah, keliling pantai dengan kapal, menikmati wisata kuliner, dan tentu saja hunting foto. Pantai ini salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Semarang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS