Sukses

Pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina Purbalingga Mulai Agustus 2022, Bagaimana yang Tidak Punya Ponsel?

Liputan6.com, Purbalingga - PT Pertamina akan membuka pendaftaran subsidi tepat MyPertamina bagi pengguna Pertalite dan Solar subsidi di wilayah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Sales Brand Manager Rayon VI Jawa Tengah, Imam Rizki Ariyanto mengatakan pendaftaran akan dibuka 1 Agustus 2022 nanti. Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs website subsiditepat.mypertamina.id, bukan melalui aplikasi MyPertamina.

Pendaftaran diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih pengguna Pertalite dan Solar subsidi. Yaitu kendaraan pribadi, kendaraan komersial penumpang, kendaraan komersial barang (Kecuali untuk pengangkutan hasil pertambangan dan perkebunan dengan roda lebih dari 6).

Kemudian, kendaraan layanan umum (ambulans, mobil jenazah, pemadam kebakaran, truk pengangkut sampah), transportasi air, usaha pertanian dan UMKM dengan surat rekomendasi dari instansi pemerintah daerah terkait.

“1 Agustus nanti baru dimulai masa pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina, belum masa implementasi penerapan QR code di SPBU, selama masa pendaftaran transaksi di SPBU masih berjalan seperti biasa. Pembayaran BBM tetap bisa menggunakan tunai, kartu kredit/debit, atau dengan aplikasi MyPertamina,” katanya, saat acara sosialisasi distribusi BBM bersubsidi yang diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga di Gedung Operation Room Graha Adiguna, Rabu (13/07/2022).

Imam mengatakan masyarakat yang tidak memiliki smart phone tidak perlu khawatir, karena bisa melakukan pendaftaran di SPBU.

Setelah pendaftaran dinyatakan berhasil, akan medapatkan QR Code yang dapat dicetak di kertas untuk kemudian ditunjukkan ke petugas SPBU saat konsumen akan mengisi Pertalite atau Solar subsidi.

“QR Code tersebut akan diperoleh dalam situs subsiditepat.mypertamina.id dan email setelah data diri dan data kendaraan yang didaftarkan terkonfirmasi cocok antara yang diinput dengan dokumen yang diunggah, jadi aplikasi MyPertamina hanya opsional, konsumen boleh mendownload boleh tidak," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

dia menjelaskan, masyarakat perlu mempersiapkan dokumen yang diperlukan demi kelancaran pendaftaran melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

Dokumen yang diperlukan untuk kendaraan pribadi adalah foto KTP, foto diri, foto STNK tampak depan dan belakang (Dibuka), foto kendaraan tampak semua (tampak samping), dan foto kendaraan tampak nomor polisi (tampak depan).

Sedangkan untuk kendaraan angkutan umum dan angkutan barang memerlukan KIR sebagai dokumen tambahan. Usaha pertanian dan UMKM juga perlu menyiapkan foto surat rekomendasi dari instansi pemerintah daerah terkait.

Kepala Dinperindag kabupaten Purbalingga, Johan Arifin menyampaikan kegiatan sosialisasi kebijakan distribusi BBM bersubsidi ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pendaftaran subsidi tepat My Pertamina.

“Sosialisasi ini saya rasa sangat penting dalam rangka menyamakan persepsi terkait dengan maksud, tujuan, dan implementasi kebijakan distribusi BBM bersubsidi,' ucap dia.

"Karena sekarang sedang menjadi isu atau perbincangan hangat di masyarakat. Prinsipnya dari sosialisasi tadi kita bisa mendengar bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya implementasi QR Code untuk pembelian BBM bersubsidi,” ucap Johan.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.