Sukses

Kisah Inspiratif Pemuda Tunanetra Asal Klaten Wujudkan Mimpi Jadi ASN Jateng

Liputan6.com, Semarang - Banyak orang memimpikan bisa menjadi aparatur sipil negara (ASN). Terlebih, menjadi abdi negara di tingkat provinsi.

Adalah Fajar Wahyu Nugroho, pemuda tunanetra asal Klaten yang membuktikan bahwa mimpi dan kesempatan untuk mewujudkan mimpi itu adalah milik semua orang. Fajar diterima menjadi ASN di DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah.

Sekitar tiga bulan lalu, dia jadi perwakilan disabilitas yang menerima langsung SK Pengangkatan dari Gubernur Ganjar Pranowo.

Fajar sebagai tunanetra, mempunyai misi memberikan inklusivitas yang lebih baik di Jateng.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu anak-anak di Jawa Tengah, supaya lebih baik dan khususnya nanti saya bisa membantu temen-temen disabilitas, untuk kehidupannya lebih baik,” katanya, dikutip dari laman Pemprov Jateng, Sabtu (16/7/2022).

Kala itu, Fajar tak menyangka, dirinya akan hadir dalam upacara dan bertemu langsung Gubernur Ganjar Pranowo. Sebagai tuna netra, Fajar mengaku tahu diri dan tidak berharap diundang dalam upacara.

Sebelum menjadi ASN, Fajar adalah seorang atlet. Dia bahkan meraih medali dalam Peparnas.

“Saya merasakan sangat senang tak terhingga, saya tidak menyangka sambutannya sampai seperti ini,” kata peraih medali perunggu di Peparnas itu.

Menurutnya, Pemprov Jateng telah mengalami kemajuan banyak hal terkait inklusivitas.

“Tapi ternyata dari BKD itu tidak ada perbedaan, dan menyambut saya dengan baik. Dari pihak dinas pun juga mengantarkan saya. Saya sangat terharu dan bangga sama Pemprov Jateng atas kemajuan yang dicapai selama ini,” tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pesan Gubernur Ganjar

Gubernur Ganjar Pranowo senang karena inklusivitas di Pemprov Jateng terus membaik. Kehadiran para penyandang disabilitas, diharapkan memperluas kelompok masyarakat yang bisa dilayani.

“Saya senang nantinya inklusivitasnya bisa berjalan, dan kemudian mereka bisa bekerja sama dan akan lebih banyak lagi kelompok masyarakat yang bisa dilayani,” kata Ganjar.

Ganjar kembali menegaskan kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jateng, untuk memegang teguh prinsip dan nilai kebangsaan.

“Saya tegaskan betul masalah ideologi, NKRI, integritas, anti-KKN dan sebagainya. Daya sampaikan kepada mereka sebagai fundamen kita bekerja,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI itu berpesan kepada para ASN untuk tidak bekerja dengan standar yang biasa-biasa saja.

“Mereka harus bisa beradaptasi dengan kondisi ini sehingga tidak lagi SOP-nya begitu-begitu saja. Mereka mesti siap membuat lompatan dan itu perlu bimbingan dari para seniornya dan mereka kita titipi,” ucap Ganjar.

Tim Rembulan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS