Sukses

Tak Melulu Telur Asin, Ini 6 Kuliner Khas Brebes yang Penyajiannya Unik

Liputan6.com, Brebes - Brebes, Jawa Tengah dikenal akan produksi bawang merah dan telur asin nomor satu di Indonesia. Namun tak melulu telur asin dan bawang merah, Brebes juga memiliki sederet kulner yang layak di coba saat singgah di daerah ini.

Meski ada beberapa nama makanan khas Brebes yang sama dengan daerah lain, namun di Brebes beberapa kuliner memiliki cara penyajian yang berbeda dan unik. Bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Brebes dan ingin mencicipi kuliner Brebes.

Berikut sederet kuliner khas Brebes yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Rujak Belut

Kuliner yang wajib dicoba saat singgah di Brebes adalah rujak belut. Mengonsumsi belut dengan urap sambal pecel, menjadi perpaduan rasa gurih dan manis yang tak biasa. Belut rujak ini merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak 40 tahun lalu.

Hingga kini pun sajian nikmat ini masih menjadi makanan favorit warga sekitar dan wisatawan. Satu porsi rujak belut biasanya dijual tidak lebih dari Rp25.000.

2. Kupat Glabed dan Sate Blengong

Seperti namanya, makanan khas Brebes satu ini menggunakan kupat sebagai bahan dasar. Sebagai pelengkap, satu porsi kupat glabed juga berisi daun pepaya muda, dan santan kuning yang dimasak dengan kunyit.

Di atasnya diberi taburan bawang goreng yang membuat cita rasa kupat glabed semakin gurih. Kupat glabed paling mantap jika disantap dengan makanan pendampingnya, yaitu sate blengong.

Daging blengong sendiri merupakan hasil persilangan antara bebek dan mentok.Perpaduan keduanya ini menciptakan sensasi rasa unik dan wajib dicicipi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Adep-Adep

3. Adep-adep Brebes

Adep-adep merupakan makanan yang terdiri dari nasi, ayam bacem, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin, jengkol, sayuran, dan sambal. Untuk sayurannya terbilang sederhana, tetapi memberi cita rasa yang cukup enak, yaitu daun singkong, kacang panjang, dan mentimun. Selain dicari wisatawan, warga asli Brebes pun sangat menyukainya.

4. Nasi Lengko

Kuliner satu ini merupakan hidangan berupa nasi hangat dengan taburan lauk pauk di atasnya. Biasanya, kuliner ini ditambahkan beberapa bahan seperti tahu goreng, tempe goreng tauge, dan mentimun.

Toping tersebut diberi guyuran sambal kacang yang sangat sedap. Perpaduan rasa manis, gurih, dan asin saling menyatu di mulut saat dimakan.

Cita rasa akan semakin lengkap jika dimakan bersama kerupuk atau bawang goreng. Secara visual, sebenarnya nasi lengko mirip dengan nasi pecel yang ada di berbagai daerah.

Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk menyantap nasi lengko dengan kerupuk dan bawang goreng.

5. Kepiting Soka

Bagi pencinta seafood, jangan ragu untuk mencicipi kelezatan kepiting soka di Brebes. Perpaduan antara saus pedas dengan kepiting soka segar yang cangkangnya sudah dilunakkan ini tentu akan menggugah selera.

Daging kepiting soka juga akan terasa lebih empuk dengan bumbu meresap.

6. Ketan Pencok

Pulen, wangi, dan nikmat merupakan tiga kata yang cocok diberikan untuk ketan pencok. Keunikan olahan ketan satu ini adalah ketannya yang ditumbuk sampai halus sehingga memiliki tekstur yang sangat pulen.

Ketan pencok biasa disajikan dengan taburan kelapa parut sangrai yang membuat rasanya semakin mantap.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS