Sukses

Akhir Cerita Film Korea 2037 Bikin Warganet Bertanya-Tanya, Seperti Apa?

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Korea berjudul 2037 tengah  menjadi perbincangan warganet di platform sosial media TikTok. Banyak warganet yang bertanya-tanya mengenai ending film yang disutradarai Mo Hong Jin ini.

Sang sutradara memilih untuk tidak menggambarkan secara gamblang bagaimana nasip Yoon Young yang diperankan Hong Ye Ji. Pada adegan terakhir, Yoon Young melahirkan dan kemudian koma akibat meminum obat-obatan yang sebelumnya ia timbun di penjara.

Yoon Young terlihat tidak punya tenaga untuk mendorong sang bayi agar keluar dari perut. Dokter obsgin dan perawat yang menanganinya cukup kewalahan.

Adegan pun berganti di mana hanya diperlihatkan ibu Yoon Young, Kyung Sook (Kim Ji-Young) yang sedang menyetrika seraya tersenyum tipis. Di atas meja, tergeletak secarik kertas yang merupakan kartu wawancara ujian Pegawai Negeri Korea Selatan milik Yoon Young.

Terdengar pula suara Yoon Young sebagai suara latar belakang yang menyerukan, "Ibu!" tanpa memperlihatkan wajahnya sama sekali. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sedikit bocoran mengenai akhir film 2037.

Sutradara Mo Hong Jin memilih open ending untuk menutup cerita drakor 2037. Artinya ending atau akhir drama tersebut bergantung pada interprestasi para penonton.

Dalam 2037, Yoon Young melahirkan kemudian koma. Namun, adegan selanjutnya langsung berganti mengenai taman bunga dan di rumah Yoon Young. Di rumahnya, digambarkan secara implisit bahwa ia berhasil menggapai mimpinya untuk mengikuti ujian Pegawai Negeri Korea Selatan setelah lima tahun keluar dari penjara seperti ketentuan yang berlaku melalui kartu identitas wawancara.

Pada adegan lain, ditunjukkan pula Jang Mi (Jeon So Min) bersama seorang lelaki yang kemungkinan besar adalah suaminya, menggendong seorang anak perempuan di sebuah taman bunga. Selama adegan di taman bunga tersebut, terdengar suara Yoon Young di latar belakang yang meminta agar Bo Ni tumbuh dewasa dengan baik.

"Bo Ni, kau harus menjadi gadis yang cantik," ujar Yoon Young.

Apabila melihat kilas balik pada adegan di penjara, Bo Ni adalah nama yang diberikan oleh sang guru, Soon Je (Kim Mi-hwa) dan kawan-kawan untuk bayi Yoon Young. Oleh sebab itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Bo Ni diadopsi dan dibesarkan oleh Jang Mi sementara Yoon Young melanjutkan hidup dengan mengikuti ujian PNS dan hidup bahagia bersama ibunya.

Akan tetapi, dengan video yang digambarkan secara pudar dan tidak ditampilkannya Yoon Young sana sekali, banyak orang yang menyimpulkan bahwa itu bukan lah kejadian nyata namun hanya masa depan yang diinginkan oleh Yoon Young yang masih berada dalam keadaan koma.

Akhir film Korea 2037 menyerahkan kepada penonton untuk mengartikan hal itu sebagai kejadian yang benar-benar terjadi atau mimpi Yooun Young saat koma saat proses melahirkan.

Saksikan video pilihan berikut ini;

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS