Sukses

Kronologi Skandal Bullying Berbuntut Pemecatan Kim Garam dari LE SSERAFIM

Liputan6.com, Semarang - Agensi HYBE dan Source Music resmi mendepak Kim garam, pada Rabu (20/07/22). Keputusan kedua agensi tersebut sekaligus membuat Kim Garam dikeluarkan dari grup LE SSERAFIM.

Baca: Potret Perjalanan Karier Kim Garam yang Cuma 2 Bulan di Dunia K-Pop, Resmi Tinggalkan LE SSERAFIM

Kim Garam sudah menarik perhatian publik, bahkan sebelum debutnya secara resmi. Sayangnya, Kim Garam bukan terkenal berkat prestasi, namun lantaran dugaan skandal bullying yang pernah ia lakukan.

Dikutip dari berbagai sumber, dugaan bullying yang ia lakukan tak berhenti menjadi perbincangan k-netz.

Terlebih terduga korban bullying Kim Garam dan mantan teman-teman semasa SMP-nya terus muncul ke permukaan untuk memberi kesaksian. Berikut kronologi lengkap dugaan skandal bullying Kim Garam hingga dikeluarkan agensi.

1. Kedua Agensi Diteror Gara-gara Kim Garam

Source Music mengumumkan akan mendebutkan girl group baru pada 28 Maret 2022 tepat tengah malam waktu Korea Selatan. Bersamaan dengan itu juga diluncurkan beberapa akun sosial media resmi dengan nama LE SSERAFIM.

Akun media sosial tersebut mulai memperkenalkan satu per satu member yang akan debut. Kim Garam pun diperkenalkan pertama ke publik pada 4 April 2022.

Setelah pengumuman tersebut, mulai bermunculan akun-akun anonim di media sosial yang menyebarkan foto-foto lama Kim Garam sebelum debut. Dalam foto tersebut terlihat bagaimana Kim Garam punya perilaku buruk.

Tak sampai di situ, sebuah akun anonim pun muncul di Twitter. Dalam tweet yang ditulisnya, ia menyebut jika Kim Garam melakukan perundungan di sekolah. Jenis perundungannya pun bermacam-macam, salah satunya lewat makian.

Bahkan, mantan teman SMP Kim Garam ada yang menyatakan, jika mantan member LE SSERAFIM tersebut sempat mengirimkan pesan pribadi kepada teman-temannya di sekolah tersebut. Kim Garam mengatakan jika ia akan debut menjadi artis dan membuat teman-temannya berpikir, idol tersebut tak ingin masa lalunya terekspos.

2. HYBE Sempat Klaim Tuduhan Palsu

HYBE pun mengambil langkah dengan melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikannya pun diunggah Source Music di akun Twitter resmi mereka.

Dalam pernyataannya, HYBE menyangkal semua tuduhan yang dilayangkan kepada artisnya. Mereka mengklaim jika bukti-bukti foto yang disebarkan di media sosial itu adalah hasil editan.

Dalam narasinya juga, HYBE mengklaim jika Kim Garam bukanlah pelaku, melainkan korban bullying sejak ia pertama kali masuk sekolah. Bersamaan dengan itu juga, HYBE "mengancam" untuk mengambil tindakan hukum kepada orang-orang yang menyebarkan rumor palsu kepada Kim Garam.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tagar #GaramOut

3. Terduga Korban Bullying Kim Garam Tampil

Pernyataan yang dirilis HYBE membuat keadaan memanas dan Kim Garam makin terpojokkan dengan munculnya diduga korban bullying sang artis. Lewat kuasa hukumnya, terduga korban yang diketahui bernama Yoo Eun Seo pun menyatakan, jika bukti-bukti yang tersebar di media sosial itu benar adanya.

Namun, karena HYBE sempat mengklaim jika Kim Garam adalah korban, cyberbullying yang ditujukkan kepadanya pun menjadi lebih parah. Bahkan, foto-fotonya ikut disebarkan di media sosial hingga ia dituduh cemburu dengan keberhasilan yang diraih Kim Garam.

Hal itu tentu menimbulkan trauma yang lebih parah kepadanya. Padahal ia sempat meminta HYBE untuk menarik kembali narasi pernyataan sebelumnya.

Namun, hal itu tidak digubris HYBE dan membuat Yoo Eun Seo sempat berpikir untuk putus sekolah dan mengakhiri hidupnya.

4. Kim Garam Sempat Hiatus

Kontroversi kasus Kim Garam terus bergulir, baik itu di kalangan KPopers maupun masyarakat Korea Selatan. Bahkan, terduga korban Kim Garam pun tampak seperti tak takut lagi untuk menaikkan pernyataannya ke ruang publik.

Salah satu unggahan di media sosial juga memperlihatkan foto tindakan disipliner level 5 yang pernah didapat Kim Garam semasa sekolah. Hal itu pun diklarifikasi oleh HYBE dan Source Music.

Mereka juga menyatakan, jika Kim Garam akan hiatus mulai 19 Mei 2022. Dengan ini, LE SSERAFIM pun melanjutkan aktivitasnya dengan lima member.

5. Tagar #GaramOut

Tagar #GaramOut bukan sekali dua kali naik ke trending topic Twitter. Bahkan, di awal-awal dugaan skandal bullying-nya terungkap tagar tersebut juga sudah diserukan.

Naiknya tagar tersebut menyusul tuntutan didepaknya Kim Garam dari grup alih-alih menyuruhnya hiatus.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS