Sukses

Luur... Bakal Ada Kampung Purbalingga di Jepang, Begini Lho Ceritanya

Jika kinerja tenaga kerja asal Purbalingga bagus mereka berharap bisa tinggal lebih lama membuat 'Kampung Purbalingga' di Tono City, Jepang

Liputan6.com, Purbalingga - Pemerintah Kota Tono (Tono City), Prefektur Iwate, Jepang menjajaki kerja sama dengan Kabupaten Purbalingga terkait ketenagakerjaan. Hal ini dikomunikasikan langsung oleh Wali Kota Tono, Kazuhiko Tada kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, Senin (25/7/2022) melalui zoom meeting.

Dalam percakapan berbahasa Inggris, Tada mengungkapkan di kotanya terdapat banyak unit usaha, di antaranya pertanian, manufaktur/industri, perhotelan dan sebagainya. Akan tetapi masih kekurangan tenaga kerja. Pihaknya bekerja sama dengan pelaku bisnis setempat berupaya mencari tenaga kerja termasuk dari Indonesia.

"We need a good person for work, we need a good relationship between there region and our region," kata Tada.

Lebih dari itu, kerja sama yang mereka inginkan tidak hanya masalah ketenagakerjaan, akan tetapi kerja sama antardaerah,yakni Purbalingga dengan Tono. Misalnya kerja sama dalam suplai beberapa jenis komoditas dari Purbalingga ke Jepang.

Terkait tenaga kerja, skill yang mereka butuhkan bisa berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Balai Latihan Kerja (BLK) serta memiliki kemampuan percakapan bahasa Jepang yang cukup.

Mereka yang bekerja di sana nantinya dalam status magang. Bahkan jika kinerjanya bagus mereka berharap bisa tinggal lebih lama membuat 'Kampung Purbalingga' di Tono City, Jepang.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya untuk Realisasikan Kerja Sama Purbalingga-Tono City Jepang

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menanggapi positif tawaran kerja sama ini. Sebab pengangguran dan kemiskinan masih menjadi masalah utama di Kabupaten Purbalingga.

"After your explanation, I already know what you need, about the specification (requirements) of workers from Purbalingga, Indonesia. And then, maybe someday we will arrange to meet directly, maybe you can visit Purbalingga or I and people in Purbalingga visit you in Tono City to collaborate directly on what kind of potential that we can collaborate," ungkap Bupati kepada Mr Tada.

Kepada para Kepala OPD yang hadir, Bupati meminta agar tawaran kerja sama dari Walikota Tono, Jepang, ini ditindaklanjuti. Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu menginventarisir kebutuhan tenaga kerja dan skill yang dibutuhkan dari Tono City.

"Saya tidak ingin hasil zoom meeting kali ini sambil lalu tidak ada hasil apa-apa. Paling tidak kita juga mempersiapkan," katanya.

Pertama, mencari referensi potensi-potensi yang match dengan kebutuhan Tono City, koordinasi dengan para Kepala SMK di Purbalingga. Selain itu juga kerja sama dengan pihak ketiga khususnya pembekalan Bahasa Jepang. Kemudian, memperhitungkan mekanisme penganggaran.

"Setelah ini kita perlu membentuk tim untuk memetakan potensi sumber daya manusia di Purbalingga, menjalin komunikasi, kemudian kaitan dengan pendanaan," katanya.

Bupati mengungkapkan, tidak hanya mengatasi pengangguran, manfaat yang bisa diambil dari kerja sama dengan Jepang ini yakni transfer knowledge untuk diimplementasikan di Indonesia. Seperti yang diketahui, selain penjajakan kerjasama dari Tono City ini, Kabupaten Purbalingga juga rutin mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang, di antaranya melalui LPK Yasui Abadi dan YPT masing-masing 50-70 orang.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.