Sukses

Boleh untuk Umum, Begini Cara Sewa Kereta Kencana di Solo  

Berikut cara menyewa kereta kencana milik Pemkot Surakata

Liputan6.com, Solo - Kereta kencana di Solo, Jawa Tengah rupanya dapat disewa oleh masyarakat umum. Masyarakat dapat menyewa kereta kencana di Solo untuk acara pernikahan ala keraton maupun untuk berwisata berkeliling kota Solo.

Kesempatan merasakan menaiki kereta kencana ini diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara sewa kereta kencana Solo milik Pemkot Surakata.

Pemesanan kereta kencana bisa dilakukan ke Kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Surakarta atau melalui telepon nomor di (0271) 711435/fax (0271) 716501.

1. Penyewa perlu mengajukan surat permohonan pemakaian kereta kencana

2. Setelah mengajukan surat, penyewa tinggal menunggu surat izin yang akan dikeluarkan dinas terkait.

3. Kemudian setelah meneriman surat izin penyewa membayar biaya restribusi

4. Mengambil kereta di Museum Keris dengan menunjukkan Surat Izin Pemakaian. 

5. Mengembalikan kereta ke Museum Keris jika telah selesai digunakan.

Harga biaya penyewaan kereta kencana ini juga cukup bervariasi, tergantung jenis kereta kencana yang hendak disewa dan fasilitas yang dipilih. Ada beberapa jenis kereta kencana yang dapat disewa, yakni kereta kencana, kereta biolet besar dan kereta biolet kecil.

Harga sewa kereta kencana dalam kota per tiga jam tanpa kuda dan kusir, mulai dari Rp 1 juta. Sedangkan harga sewa kereta hanya untuk pajangan per bulan, mulai dari Rp 5 juta.

Sedangkan, penyewaan kereta biolet besar, harga sewa dibanderol muali dari Rp 600.000 untuk rute dalam kota per tiga jam tanpa kuda dan kusir. Penyewaan kereta biolet kecil dibanderol mulai dari Rp 500.000 tanpa kuda dan kusir.

Sebagai informasi, kereta kencana yang bisa disewa ini bukan berasal dari Keraton Surakarta, tetapi dari Pemkot Surakarta. Kereta tersebut hanya sebuah replika, bukan yang asli.

Sebab, kereta kencana yang asli biasanya hanya digunakan untuk acara keraton. Meski bukan yang asli, desain kereta kencana dari Pemkot Surakarta mirip dengan yang asli dan berwarna gelap dengan ukiran warna emas yang unik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.