Sukses

6 Tempat Wisata Semarang Gratis Dikunjungi, Salah Satunya Air Mancur Mirip Singapura

Liputan6.com, Yogyakarta - Kota Semarang, Jawa Tengah kerap menjadi salah satu tujuan berlibur para wisatawan. Para wisatawan dapat menemukan banyak destinasi wisata, mulai yang berkonsep alam hingga kekinian.

Menariknya lagi banyak dari destinasi wisata di Semarang dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau bahkan geratis. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet tempat wisata Semarang gratis dikunjungi.

1. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima merupakan area publik  paling besar di Semarang. Letaknya yang berada di tengah-tengah kota dan dikelilingi dengan beberapa pusat perbelanjan, membuat Simpang Lima menjadi kawasan yang cukup ramai dikunjungi.

Simpang Lima mulai banyak dikunjungi masyarakat setempat dan wisatawan saat malam hari tiba. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata Semarang ini, mulai dari bermain sepeda hias, jalan-jalan mengitari Lapangan Pancasila, dan berfoto ria.

Tak perlu khawatir apabila perut terasa lapar, di sekitar Simpang Lima terdapat beragam wisata kuliner yang dapat dicoba. Kawasan kuliner tersebut dikenal sebagai kawasan Pujasera Semarang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Kota Lama

2. Kawasan Kota Lama

Kawasan Kota Lama Semarang merupakan salah satu saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia. Dulunya kawasan Kota Lama adalah pusat perdagangan sekaligus benteng pertahanan yang dibangun oleh Pemerintah Belanda.

Tak heran bila di masa tersebut kawasan kota lama dijuluki sebagai Little Netherland. Kini, Kota Lama telah berubah menjadi publik area sekaligus tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Banyak bangunan kuno yang dialihfungsikan sebagai museum hingga tempat makan. Jaraknya pun cukup dekat dengan Stasiun Tawang, kurang lebih 500 meter saja.

3. Brown Canyon

Brown Canyon dulunya merupakan bekas penambangan tanah di daerah Meteseh. Meski tak dibangun dan dikelola sebagai tempat wisata, Brown Canyon tak pernah sepi dikunjungi.

Bentuk batuan dan tebing yang terbentuk membuat destinasi wisata ini unik. Saat musim hujan tiba, terdapat genangan air menyerupai kolam yang biasanya dimanfaatkan sebagai spot foto oleh para wisatawan.

4. Vihara Buddhagaya

Vihara Buddhagaya terletak di dekat Markas Kodam IV/Diponegoro. Vihara Buddhagaya merupakan tempat ibadah umat Buddha di Semarang, namun arsitekturnya yang unik mampu menarik rasa penasaran para wisatawan.

Kawasan vihara ini terdiri dari dua bangunan utama, yakni Pagoda Avalokitesvara dan Dhammasala. Arsitektur bangunannya didominasi perpaduan aristektur Tiongkok serta Thailand.

Pagoda Avalokitesvara dikenal juga dengan Pagoda Kwan Im yang dinobatkan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Masyarakat yang datang ke tempat ini dengan tujuan wisata hanya boleh berfoto di sekitar pagoda saja.

 

3 dari 3 halaman

Air Mancur

5. Semarang Bridge Fountain

Banjir kanal barat Kota Semarang kini telah disulap menjadi salah satu destinasi wisata, yakni Semarang bridge fountain. Wisatawan dapat menikmati indahnya  atraksi air mancur menari dihiasi indahnya lampu warna-warni.

Mulai 25 Januari 2022, pertunjukan air mancur ini akan dimulai setiap pukul 20.00. Sedangkan untuk akhir pekan akan ada dua sesi pertunjukan, yakni pukul 19.30 dan 21.00.

6. Danau SBS

Danau SBS merupakan salah satu danau buatan yang berada di Semarang. Meski buatan, danau yang terletak di kawasan elite di Semarang ini tak kalah indah dari danau alami. 

Danau dengan luas sekitar 7,5 hektare ini tak pernah sepi pengunjung. Wisatawan tak hanya bebas mengabadikan momen di danau ini.

Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas lain, seperti jogging, bersepeda, hingga sekadar duduk sambil menikmati keindahan alam. Di sekitar danau tersebut juga terdapat kafe dan tempat makan yang dapat wisatawan datangi.