Sukses

Ingin Konten Reels Instagram Banjir Penonton, Intip Triknya

Liputan6.com, Semarang - Reels merupakan salah satu fitur Instagram yang dapat meningkatkan engangement (interaksi) sebuah akun. Reels memuat video berdurasi singkat atau umumnya satu menit yang ditampilkan secara portrait.

Reels biasanya digunakan sebuah akun untuk membuat promosi bisnis, menampilkan video tutorial, atau menampilkan video aktivitas sehari-hari seseorang. Simak trik Reels banyak penonton, sehingga unggahannmu bisa menjangkau banyak orang. 

1. Buat awalan video yang menarik

Dengan durasi yang cukup singkat, membuat video yang menarik sejak di menit awal merupakan salah satu trik yang bisa dilakukan. Selain itu, Reels yang umumnya berputar secara otomatis ini akan langsung menampilkan awal video yang menarik yang tentunya akan menarik penonton untuk tetap menontonnya sampai akhir.

2. Gunakan musik yang sedang tren

Menggunakan musik yang sedang tren atau viral juga bisa dijadikan salah satu cara. Tak jarang, seseorang akan melihat video Reels melalui sound atau musik yang sedang viral.

Dengan demikian, video buatanmu akan muncul di salah satu daftar video yang menggunakan reels tersebut.

3. Manfaatkan fitur bawaan

Beragam fitur yang dihadirkan melalui Reels Instagram tidak hanya untuk tampilan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengedit, menambahkan musik, teks, hingga efek visual secara maksimal. Lakukan hal ini agar dapat meningkatkan eksposur akun.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Transisi Kreatif

4. Buat angle atau transisi sekreatif mungkin

Tampilan angle yang sama pada sebuah video dengan durasi panjang tentu akan membuat bosan saat menontonnya. Untuk bisa menarik minat penonton, tambahkan transisi gabungan dari berbagai video.

Kamu juga bisa mengambil beberapa angle untuk satu video, kemudian menggabungkannya dengan menambahkan transisi.

5. Gunakan hasgtag atau tagar

Sama halnya dengan konten di platform lain yang membutuhkan tagar, penggunaan tagar bisa membantu algoritma memahaminya sehingga menambah penonton maupun likes.

Tagar memiliki mekanisme kerja seperti (Search Engine Optimization) SEO. Algoritma Instagram akan melihat tagar yang digunakan, menganalisisnya, dan menayangkan video Reels ke penonton secara relevan atau yang memiliki minat yang sama.

(Resla Aknaita Chak)