Sukses

6 Cara Bikin Baterai Hp Awet dan Tidak Boros

Liputan6.com, Semarang - Dulu, hp hanya digunakan sebagai alat komunikasi, seperti melakukan panggilan telepon dan berbagi pesan. Kini hp bisa digunakan untuk video call, melakukan transaksi keuangan, berbelanja online, dan lain sebagainya. Namun, mobilitas penggunaan hp yang meningkat cenderung membuat baterai hp semakin boros.

Berikut tips baterai hp awet sehingga lebih hemat.

1. Hindari menggunakan hp saat sedang mengisi daya (charge)

Menggunakan hp saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai hp. Temperatur berpengaruh terhadap daya hidup baterai, sehingga apabila temperatur tinggi, maka akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat.

Selain itu, temperatur hp juga bisa meningkat ketika kamu menaruh hp di bawah bantal atau material isolator lain saat sedang mengisi daya, meletakkan hp di dasbor mobil saat panas, serta meletakkan HP yang sedang diisi daya di atas mesin atau alat elektronik lainnya.

2. Aktifkan low power mode atau battery saving mode 

Saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan fitur low power mode atau battery saving mode yang berguna untuk menjaga keawetan baterai. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background hp.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Matikan Unduh Otomatis

3. Matikan auto download dan update 

Auto download adalah fitur yang otomatis dapat meng-upgrade aplikasi saat ada update dari pusat. Hal tersebut dapat menyedot daya baterai lebih besar.

Non-aktifkan fitur auto download untuk mempertahankan daya baterai agar lebih tahan lama. Cara lain yang bisa digunakan adalah ubah pengaturan auto update hanya saat hp terhubung dengan WiFi.

4. Atur kecerahan layar hp

Mengatur kecerahan layar hp dari level yang paling rendah juga bisa menjadi salah satu cara menghemat daya. Sebab, visual yang muncul pada layar akan memengaruhi daya baterainya.

5. Jangan biarkan hp overheat 

Hindari membiarkan hp dalam keadaan yang terlalu panas atau overheat. Hp akan overheat jika digunakan secara terus menerus, apalagi jika digunakan untuk bermain game dengan grafis HD yang cukup tinggi.

6. Matikan notifikasi yang kurang penting 

Mematikan notifikasi yang kurang penting juga menjadi salah satu cara agar baterai hp awet. Dengan mematikan notifikasi, kamu lebih jarang melihat smartphone.

Jika semua notifikasi muncul dan berbunyi, bisa jadi kamu akan ketagihan untuk membuka smartphone tersebut. Kamu bisa menyalakan notifikasi yang dianggap penting saja, seperti chat dan e-mail, sementara notifikasi lainnya lebih baik dimatikan.

(Resla Aknaita Chak)