Sukses

Nasib Tragis Pria Banyumas yang Hilang Jelang Malam Keramat 1 Suro

Liputan6.com, Banyumas - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan yang terdiri dari Basarnas Cilacap, Polsek Gumelar, Koramil Gumelar, Rapi, Pemuda Pancasila, Banser, dan warga berhasil menemukan korban yang hilang saat mencari kelapa di Desa Kedungurang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Marsudi dilaporkan hilang pada Kamis (28/7/2022) atau sehari sebelum malam keramat tahun baru Islam, 1 muharam atau 1 Suro pukul 13.00 WIB saat mencari kelapa di kebun

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, korban ditemukan dalam keadaan meninggal pada Sabtu (30/7/2022) pukul 10.55 WIB. Saat itu tim SAR gabungan sedang menyusuri area kebun dan curug sepanjang aliran anakan sungai.

Setelah ditemukan, tim gabungan segera mengevakuasi korban yang terbaring di curug. Korban kemudian dibawa ke rumah duka dengan memakan waktu sekitar satu jam.

"Korban berhasil kita evakuasi Pukul 11.50 Wib dari lokasi hilangnya korban sejauh 2 kilometer ke arah timur. Proses evakuasi dan perjalanan ke rumah duka memakan waktu kurang lebih satu jam karena lokasi penemuan dan jalur akses ke rumah duka cukup ekstrim,” kata Adah dalam keterangannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Proses Pencarian

Diketahui korban tersebut bernama Marsudi Kasim (75). Ia adalah warga Desa Kedungurang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. 

Marsudi dikabarkan hilang pada Kamis (28/7/2022) pukul 13.00 WIB saat mencari kelapa di kebun. Keesokan harinya, tim SAR gabungan baru mendapatkan informasi orang hilang dari Kepala Desa Kedungurang.

“Pada Jumat (29/7) pukul 13.44 WIB setelah kita mendapatkan informasi tersebut langsung memberangkat satu tim ke lokasi kejadian dan langsung berkoordinasi dengan pihak terkait,” terang Adah.

Proses pencarian berlanjut hingga Sabtu (30/7/2022) pagi. Pada pukul 10.55 WIB korban berhasil ditemukan, namun nyawanya tak terselamatkan.