Sukses

Kisah Siswa SMK Pemalang Jadi Teknisi Ajang Balap Internasional FIM MiniGP 2022

Sebanyak 15 siswa SMK Nusa Mandiri Pemalang Jawa Tengah menjadi teknisi dalam ajang balap FIM MiniGP Indonesia Series di Sentul Bogor Jawa Barat, Sabtu sampai Minggu (24-25/9/2022).

Liputan6.com, Pemalang - Industri otomotif di tanah air tidak kalah saing. Terbukti, 15 siswa SMK Nusa Mandiri Pemalang Jawa Tengah menjadi teknisi dalam ajang balap FIM MiniGP Indonesia Series di Sentul Bogor Jawa Barat, Sabtu sampai Minggu (24-25/9/2022).

FIM MiniGP menjadi ajang pertama yang sudah bergulir di Indonesia sejak Juni 2022 lalu. Gelaran yang puncaknya diikuti 15 pembalap muda berusia 10 sampai 14 tahun itu digadang-gadang sebagai gerbangnya pembalap muda tanah air menuju pentas dunia.

Para siswa SMK bertugas sebagai junior technician atau helper mekanik sejak seri 1 dan seri 2 yang kala itu berlangsung di Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya pada 3 sampai 4 September 2022.

“Mereka mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung di lapangan untuk membantu para mekanik dalam menangangi pacuan-pacuan para peserta di ajang itu," ujar Harlan Fadhillah, Sporting Director Lighting Production penyelenggara FIM MiniGP Indonesia Series 2022, Minggu (25/9/2022).

Para siswa SMK Nusa Mandiri Pemalang Jawa Tengah itu ditugaskan membantu mekain mengurus performa motor Ohvale GP-0 160 asal Italia pacuan dari para peserta balap. Alhasil, para siswa SMK di ajang ini tidak hanya dituntut bisa membantu pekerjaan sang mekanik, tetapi harus bisa bekerja dengan cepat.

Apalagi dalam sehari, di ajang FIM MiniGP Indonesia series itu terbagi menjadi beberapa sesi. Seperti dari FP1, FP2, QTT lanjut Race 1 dan Race 2. Jadi di setiap jeda waktu, para siswa SMK ini dituntut bekerja cepat agar kuda pacu peserta selalu dalam performa optimal untuk melibas sesi selanjutnya.

Sementara, Kepala SMK Nusa Mandiri Moch Maliki mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada murid-murid mereka sehingga bisa berpartisipasi menjadi teknisi di ajang FIM MiniGP Indonesia Series tersebut.

Keterlibatan para siswa SMK Nusa Mandiri sebagai junior technician atau helper mekanik di event balap internasional FIM MiniGP Indonesia series 2022 itu dianggap menjadi sejarah baru bagi SMK di Indonesia.

“Pengalaman ini cukup luar biasa bagi siswa karena dikenalkan langsung dengan tekanan dunia kompetisi dan ilmu teknik sepeda motor level advance,” ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.