Sukses

Wisata Petualangan dan Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Desa Kartun Sidareja

Liputan6.com, Purbalingga - Kie Art menggagas Desa Kartun atau Cartoon Village di Sidareja Purbalingga. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketikan berkunjung ke tempat wisata yang sarat edukasi seni dan budaya ini.

Seperti yang dilakukan ratusan mahasiswa dari seluruh nusantara baru-baru ini. Mereka yang tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ikut menikmati keseruan menjelajahi Cartoon Village lewat wisata petualangan alam.

Petualangan bermula saat disambut alunan musik kentongan bambu Gianta Arum yang diinisiasi Nurcholis Wijianto. Sesuai namanya, di Desa Kartun Sidareja pengunjung juga bisa melihat rumah kartun yang menggambarkan seni tradisi dan budaya nenek moyang.

Penampilan tarian Lengger Banyumasan Kembali menghibur para pengunjung di tempat ini.

Di Desa Kartun, pencinta lukisan juga bisa memanjakan mata dan psikis mereka denga berkeliling galeri lukisan Kie Art Projects. Di tempat ini, biasanya orang tercengang karena tidak menyangka bisa menikmati lukisan indah di daerah terpencil.

Bersama dengan Rubby, seorang ilustrator yang sudah malang melintang di majalah anak ternama Indonesia menjadi mentor yang mendampingi para pengunjung untuk belajar menggambar kilat. Ia mengajarkan kepada pengunjung konsep karikatur sederhana.

Seusai menggambar, pengunjung juga bisa mencoba alat musik karawitan. Tidak tanggung-tanggung. Ada 22 alat musik khas Jawa yang bisa dicoba sekaligus.

Kunjungan ke Desa Kartun juga turun membantu Warung Erte Cartoon Village Sidareja yang saat ini masih terdampak zona oranye dan baru ke luar dari status desa miskin. Pengunjung disuguhi makanan dan minuman tradisional, seperti ketan bakar, badek, cincau, dan menu khas pedesaan lainnya.

“Keberadaan pengunjung berkelompok ini turut serta menggerakkan ekonomi desa yang tergabung dalam Warung Erte Cartoon Village Sidareja,” ujar Gita Thomdean, pegiat Kie Art, Selasa (25/10/2022).

Gita bersama dengan rekannya Slamet Santosa memulai wisata petualangan Cartoon Village Purbalingga. Wisata petualangan menjadi favorit banyak orang yang dibuktikan dengan hasil survei Adventure Outlook 2022 sebanyak 99 persen responden berminat melakukan perjalanan wisata atau petualangan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.