Sukses

DBL Play MABAR High School Tournament di Yogyakarta, Ini Juaranya

Liputan6.com, Yogyakarta - Itemku dan MABAR.com menggelar DBL Play MABAR High School Tournament di GOR UNY Yogyakarta. DBL Play MABAR High School Tournament adalah kompetisi e-sport khusus pelajar tingkat SMA yang digelar secara daring live di YouTube Channel MABAR Game ON  maupun luring di 19 kota di 16 provinsi dengan memainkan gim Mobile Legends Bang-Bang (MLBB).

Kompetisi ini mempertemukan tim dari berbagai sekolah yang berada di dalam regional yang sama untuk menjadi juara provinsi. Kemudian, semua juara provinsi akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara nasional di DBL Play MABAR National Championship.

Setelah digelar di Jakarta pada 7 Oktober sampai 28 Oktober 2022, DBL Play MABAR High School Tournament pada tanggal (13/11/2022) membawa SMA Kolese De Britto Yogyakarta menjadi juaranya di seri DIY. Keseluruhan rangkaian kegiatan telah diselenggarakan mulai Kamis (3/11) dan akan berlanjut hingga Kamis (17/11). 

Tercatat lebih dari 1.204 peserta berpartisipasi di turnamen ini yang disaksikan oleh lebih dari 12.000 casual gamers dan gaming enthusiasts dari seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebagai platform marketplace produk-produk digital terbesar dan terlengkap, yang juga merupakan bagian dari salah satu perusahaan all-commerce terbesar di Indonesia Bukalapak,  Itemku akan menyediakan hadiah berupa diamond MLBB untuk tiap pertandingan.

CEO dan Founder Itemku, Denis Kim menjelaskan bahwa partisipasi Itemku di event ini merupakan bentuk dukungan terhadap pengembangan kemampuan pelajar melalui e-sport.

“Itemku hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan para gamers di Indonesia dan masyarakat umum akan berbagai item gaming dan produk-produk virtual lainnya. Dari sini, kami ingin memberikan dampak lebih. Kami ingin menjadi bagian dari aksi pengembangan diri anak muda melalui e-sport. Dengan menggandeng MABAR.com yang memiliki visi sama, kami berharap dapat mewujudkan hal ini melalui DBL Play MABAR High School Tournament,” ujarnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan MABAR.com bersama Tim Laboratorium Cognition, Affect, and Well-Being (CAW Lab) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, bermain gim kompetitif dapat membantu pelajar mengembangkan aspek psikologis dan kognitif pelajar.

Riset bertajuk MABAR Esports Student Athlete Research (2022) tersebut menyimpulkan bahwa pelajar yang bermain e-sport lebih unggul dibandingkan pelajar yang bermain gim secara kasual, maupun pelajar yang tidak bermain gim sama sekali.

Keunggulan itu terwujud dalam beberapa aspek. Pertama, aspek kontrol respons yang membuat orang lebih fokus. Kedua, akurasi yang jauh lebih tinggi. Ketiga, kemampuan  regulasi emosi yang lebih baik. Keempat adalah kepribadian yang tidak impulsif dan tidak rentan stres.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Menggaet Tim Esports Pelajar

CEO dan CO-Founder MABAR.com, Aziz Hasibuan menyambut baik dukungan Itemku terhadap DBL Play MABAR High School Tournament dan berharap dapat menggaet banyak tim esport pelajar untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini.

“Platform MABAR.com saat ini sudah diikuti peserta dari Aceh hingga Papua. Total terdapat lebih dari 27 ribu pengguna yang berasal dari 1.632 sekolah di 24 provinsi. Dukungan dari Itemku kepada turnamen kami dan pemberian diamond bagi peserta akan membuat turnamen menjadi semakin seru,” ucapnya.

Dukungan Itemku disebut Aziz menjadi sinyal positif terhadap terbentuknya ekosistem kompetisi esport berjenjang bagi pelajar yang lebih masif. Anak muda, termasuk para pelajar, kini tidak sekadar bermain gim secara kasual.

Dari data pendaftar MABAR.com, terdapat setidaknya 27.475 pengguna yang berasal dari 1.632 sekolah di 24 provinsi yang menjadi pengguna. Hal ini merupakan kesempatan untuk memfasilitasi para student athlete dalam upaya pengembangan karakter melalui hobi yang mereka sukai.

“Platform dan turnamen kami didesain bukan hanya untuk menang kalah, namun yang lebih penting adalah untuk membantu pelajar mengembangkan individu agar lebih baik. Sekolah juga memiliki peran sangat penting untuk mengarahkan minat bermain gim pelajar. Misalnya dengan memfasilitasi dan menjadikan sekolah sebagai Esports Development Center,” kata Aziz.

DIY dan Jawa Barat menjadi provinsi terakhir dari seluruh seri penyelenggaraan DBL Play MABAR High School Tournament Season 1-2022. Dari turnamen tingkat wilayah ini, para tim terbaik akan kembali beradu di DBL Play MABAR National Championship yang dimulai pada 19 November.

Para perwakilan wilayah akan berebut gelar National Champions. Seluruh pertandingan babak nasional bisa disaksikan live di channel YouTube MABAR Game On.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.